PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEMAJUAN TEKNOLOGI PERTANIAN DESA KALEMANDALLE KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA

Nur Hikmah ,(1*), Firdaus W Suhaeb(2),

(1) UNM
(2) UNNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi pertanian pada masyarakat petani desa Kalemandalle. (2) Perekonomian ditengah kemajuan teknologi pertanian masyarakat petani desa Kalemandalle. (3) Dampak yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi pertanian masyarakat petani desa Kalemandalle. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini melibatkan individu sebanyak 6 orang informan yang minimal telah bekerja selama 5 tahun sebagai petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi pertanian berupa penggunaan alat-alat pertanian tradisional kemodern, perubahan interaksi para petani saat berada dilingkungan persawahan dan budaya lokal yang masih bertahan ditengah kemajuan teknologi pertanian. (2) Perekonomian ditengah kemajuan teknologi pertanian masyarakat petani desa Kalemandalle mengalami peningkatan hasil produksi dan biaya pengelolaan persawahan berkurang. (3) Dampak yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi pertanian berupa dampak positif yaitu masyarakat petani mendapatkan keringanan  dari segi watu, biaya dan tenaga. Dan dampak negatif yaitu berkurangnya interkasi kesesama petani.

 


Keywords


Kata Kunci: Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Dampak teknologi Pertanian

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, B. (2003). Demokrasi Pertumbuhan Pertanian Indonesia. Makalah Pada Seminar Khusus Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bdan Litbang Depertemen Pertanian.

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. H. (2014). DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 1–12

Asnawat, M. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 188–194.

Astrawan, Gede, W., Nuridja, M., & Dunia, K. (2014). Analisis Sosial-Ekonomi Penambang Galian C Di Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Bafdal, N. (2012). Pengantar Teknologi Industri Pertanian (N. Bafdal, Ed.). Unpad Press.

Dasar, A Konsep, & Operasional, B. (1988). A. Metode Penelitian.

Elizabeth, R. (2007). Fenomena sosiologis metamorphosis petani: ke arah keberpihakan pada masyarakat petani di pedesaan yang terpinggirkan terkait konsep ekonomi kerakyatan. 25, 29–42.

Israti. (2016). Sistem Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Petani Karet dengan Petani Terhadap Penyadap Di Desa Sungai Kuning Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru. Jurnal Entomologi Indonesia, 2.

Koentjaraningrat. (1985). Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Aksara Baru.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 2(1).

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Cakra Books.

Rahyono. F.X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Wedatama Widyasastra.

Rompas, W. Y. (n.d.). Analisis tentang teori modernisasi.


Article Metrics

Abstract view : 217 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.