RUMAH ADAT BARUNG BULAHANG DI MAMBI KABUPATEN MAMASA PROVINSI SULAWESI BARAT : SIMBOLIK LANTANG KADA NENE’

Nur Ilmiana ,(1*), Andi Ima Kesuma(2),

(1) UNN
(2) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antar pembangunan rumah adat dengan pemertahanan budaya di Mambi. (2) rumah Adat Barung Bulahang di Mambi, Simbolik Lantang Kada Nene’. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan dipilih secara purposive sampling dengan informan penelitian berjumlah lima. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendataan data yang diperoleh melalui teknik perolehan data tersebut kemudian akan diolah dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif untuk memperoleh data yang di butuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kualitatif dengan tahapan (1)tahap persiapan; (2)tahap pengumpulan data; (3)tahap analisis data; (4)tahap evaluasi dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rumah Adat merupakan salah satu bentuk fisik dari kebudayaan dan upaya untuk menghidupkan kembali kebudayaan yang ada di Mambi. Dalam hal ini rumah adat merupakan warisan leluhur dan merupakan identitas diri wilayah. Oleh karena itu pentingnya melibatkan masyarakat untuk turut andil dalam kegiatan pelestarian budaya agar rumah adat ini dapat terus memberi pengetahuan bagi masyarakat setempat. 2) Rumah adat Barung Bulahang didirikan sebagai wujud dari simbolisasi yang memiliki makna bagi klehidupan para pendahulu.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Rumah adat, simbolik, pelestarian budaya

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Vol.9 No.2.

Anggito, Albi dan setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed); Cet.1). CV Jejak.

Enang, N. R. (2013). MambiE- Lantang Kada Nene. hlm 2 & 5.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara. Koentjaraningrat. (1993). Metode- Metode Penelitian Masyarakat (Ed.3). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi (Cet.9). Jakarta Rineka Cipta.

Muhaimin. (2017). Mengenal Kecerdasan Ruang dari Arsitektur Rumah Adat Indonesia (M. Jaruki (ed.)). Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Pujileksono, S. (2016). Pengantar Antropologi .Memahami Realitas Sosial Budaya. (Ed.2). Intrans Publishing.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahmawati, Rian. Nurhadi, Zikri Fachrul dan Suseno, N. S. (2017). Makna simbolik Tradisi Rebo Kasan. Jurnal penelitian komunikasi, Vol. 20. No.1

Said, A. A. (2004). Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional Toraja (M. Nursam (ed.)). Ombak.

Santoso, B. (2006). Bahasa dan Identitas Budaya. Vol. 1, Hal. 45.

Sembiring, Novia w., R. M. dan D. N. A. (n.d.). Makna Rumah Tinggal Bagi Penghuni dan Implementasinya pada Prumahan terencana di Kota Medan. Prosiding Seminar Kearifan Lokal dan Lingkungan Binaan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (Cet.19). ALFABETA, cv.

Suliyanto. (2017). PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN. hlm 30.

Suliyati, T. (2019). Rumah Bugis sebagai Bentuk Pemertahanan Budaya Masyarakat Bugis di Desa Kemojan Karimunjawa. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, Vol.2 No.1.

Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik : sebuah metode filsafat. Kanisius.

Sutardi, tedi. (2007). Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya (Cet. I). PT Setia Purna Inves.

Suwendra, I. W. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan (I. B. A. L. Manuaba (ed.); Cetakan I). NILACAKRA PUBLISHING HOUSE.

Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. hlm.8.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.