PENGETAHUAN LOKAL DALAM PENGELOLAAN TAMBAK UDANG TRADISIONAL DIKELURAHAN TAKKALASI KECAMATAN BALUSU KABUPATEN BARRU

Mir’atul Hasanah .(1*), Darma Manda .(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana pengelolaan tambak udang tradisional di Kelurahan Takkalasi Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. (2) Bagaimana upaya pemilik tambak dalam mempertahankan tambak udang tradisional di Kelurahan Takkalasi Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa secara deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dengan melibatkan beberapa informan yaitu pemilik dan pekerja tambak udang.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan tambak udang tradisionl masih dilakukan di Kelurahan Takkalasi yaitu dengan cara menjalankan ajaran turun temurun, tahap demi tahap masih dilakukan dengan cara yang sederhana sehingga memudahkan pekerja tambak, mulai dari tahapan persiapan tambak, tahap penebaran benur, tahap pemeliharaan atau pemberian pakan sampai kepada tahap panen semua dilakukan dengan menggunakan metode tradisional. (2) Pengetahuan lokal masyarakat yang telah memahami pengelolaan tambak udang tradisional menjadikan alasan mengapa masyarakat kelurahan Takkalasi masih mempertahankan metode tradisional yang di anggap mudah, selain itu tambak udang tradisional juga tidak membutuhkan biaya yang besar dan hasil yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat kelurahan Takkalasi.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Pengelolaan, Tambak Udang Tradisional

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahimsa-Putra,H.S.(2007). Paradigma, Epistemologi dan Metode Ilmusosial Budaya. Makalah Dalam Pelatihan Metode Penelitian, 4.

Arikunta, S. (1988). Pengelolaan Kelas Dan Siswa . Jakarta: CV Rajawali.

Hasibuan,M.S.(2014). Manajemen, Dasar, Pengertiandan Masala. Jakarta: Bumi Aksara.

Koenjtjaraningrat.(1994). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Lubis, Z.B.( 2005). Menumbuhkan (Kembali) Kearifan Lokal Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam di Tapanuli Selatan, Jurnal Antropologi Indonesia Volume 29

Moleong,L.J.(2003). Metode Kualitatif. Bandung:PTRemaja Rosdakarya Offest. Mudjiman,A.(1995). Budidaya Udang Putih. Jakarta: PT Penebar Swadaya, Anggota IKAPI.

Mujiman, R. S. (2004). Budi Daya Udang Windu. Depok: PT Penebar Swadaya. Nawawi,H. (1989). Organisasi Sekolahdam Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. Tema Baru.

Nurhidayah. (2018). Budidaya Udang Windu Dalam Mneingkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Wiring Tasi. Analisis Ekonomi Islam, 74.

Poerwantana, P. (2006). Budi Daya Udang Galah. Semarang: Azka Press. Setiawati,T.(2007).Keunikan Udang dan Budi Dayanya. Jakarta Pusat: Mutiara Books

Soetarno,A.(2001).Budi Daya Udang. Semarang: CV.Aneka Ilmu.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.