PENGELOLAAN KAWASAN PESISIR DAN LAUT DI DESA TONGKE-TONGKE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

Irsa Ayu Veronika(1), Muh Rizal S(2*),

(1) UNM
(2) unm
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengelola kawasan pesisir dan laut di Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai; (2) Relasi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan kawasan pesisir dan laut di Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sintai Timur Kabupaten Sinjai. (3) Dampak pengelolaan kawasan pesisir dan laut terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir di Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa dan dituliskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan individu sebanyak 14 (empat belas) orang informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya pemerintah dalam pengelolaan kawasan pesisir dan laut pada umumnya masih memiliki kesadaran publik yang masih rendah. Pemerintah baik di tingkat pusat maupun di tingkat lokal, kurang banyak menyadari wewenang dan tanggung jawab mereka dalam pengelolaan pesisir dan laut; (2) Relasi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan kawasan pesisir dan laut terdapat hubungan yang kurang signifikan dan berpengaruh terhadap pengelolaan kawasan pesisir dan laut; (3) Dampak pengelolaan kawasan pesisir dan laut terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir masih rendah karena kurangnya upaya pemerintah dalam pengelolaan kawasan pesisir, terutama terkait belum adanya sanksi yang tegas terhadap pihak- pihak yang mencemari lingkungan dalam hal ini tambang pasir yang terus beroperasi tanpa adanya surat izin dan tidak stabilnya harga pasar perikanan serta kurangnya tingkat pendidikan sehingga kesejahteraan masyarakat pesisir tergolong rendah.

 

 

 


Keywords


Kata kunci: Pengelolaan, Kawasan, Pesisir, dan Laut

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadin. (2022). Metode Penelitian Sosial : Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatif. 6(1), 104–113.

Basri, H. (2020). Pengelolaan , Pengawasan Kawasan Pesisir dan Laut di Indonesia. VIII(November), 1–27.

Bengen, D. (2004). Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut serta Prinsip Pengelolaannya. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir Dan Lautan, IPB: Bogor.

Dahuri, R., Rais J., Ginting S.P., dan Sitepu, M. . (2001). Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan secara Terpadu. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir Dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Dahuri, R. (2001a). Pengelolaan Ruang Wilayah Pesisir dan Lautan Seiring dengan Pelaksanaan Otonomi Daerah. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/38/pdf

Dahuri, R. (2001b). Pengelolaan Ruang Wilayah Pesisir Dan Lautan Seiring Dengan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Pengelolaan Ruang Wilayah Pesisir Dan Lautan Seiring Dengan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Jurnal Volume XVII No. 2 April - Juni 2001 : 139 – 171., XVII.

Dahuri, R. (2003). Keanekaragaman Hayati Laut : Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Danusaputro, M. (1985). Hukum Lingkungan. Jakarta: Binacipta, 70.

Djojohadikusumo, S. (1994). Perkembangan Pemikiran Ekonomi : dasar teori ekonomi pertumbuhan dan ekonomi pembangunan. Jakarta : Pustaka LP3ES.

Fauzi, I., & Rauf, A. (2021). Kajian Perubahan Garis Pantai Dengan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh Di Wilayah Pesisir Kecamatan Sinjai Timur , Kabupaten Sinjai ( The Study of Coastal Change by Using Remote Sensing Technology in the Coastal Area of East Sinjai Sub-district Sinj. 4(1), 36–47.

Hajrah, A. (2016). Pengelolaan sumberdaya pesisir yang berkelanjutan bagi pengembangan kawasan pesisir di kecamatan galesong selatan kabupaten takalar. Skripsi.

Huberman, M. dan. (1992). Analisis Data Kualitatif. Analisis Data Kualitatif,, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama., 29.

Koentjaraningrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Metode-Metode Penelitian Masarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusnadi. (2009). Keberdayaan Nelayan Dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia. Keberdayaan Nelayan Dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Mohamad Soerjani, D. (1987). Lingkungan: Sumber Daya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: UI Press, 13.

Moleong, L. . (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nikijuluw. (2001). Populasi dan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir serta Strategi Pemberdayaan Mereka dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu. Bogor: Jurnal Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir Dan Lautan PKSPL.

Poernomosidhi. (2007). Kebijakan Pengelolaan Ruang Wilayah Kawasan Pesisir di Indonesia Sebagai Antisipasi Risiko Bencana. Kebijakan Pengelolaan Ruang Wilayah Kawasan Pesisir Di Indonesia Sebagai Antisipasi Risiko Bencana, Materi Seminar Nasional : Pengelolaan Ruang Wilayah Pesisir Di Indonesia Sebagai Antisipasi Risiko Bencana. Bandung.

Purwanto, Y. (2000). Kawasan Pesisir : 117–134.

Rochimin Dahuri, dkk. (1996). Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta.

Samad, M. S. dan B. (1993). Manusia dalam Keserasian Lingkungan. Jakarta: UI Press, 2.

Suryadi. (2015). Pengelolaan lahan pesisir pantai dusun batulawang desa kemujan kecamatan karimunjawa skripsi. Skripsi Univeritas Negeri Semarang, xiv,70. http://lib.unnes.ac.id/20672/1/7101410037-s.pdf

Suryani, A. S. (2019). Pengaruh Kebijakan Pemerintah dan Peran Serta Masyarakat terhadap Kualitas Lingkungan Pesisir Benoa Badung Bali Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 171–187.

Tjiptabudy, J. (2013). Aspek Hukum Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau- Pulau Kecil Terhadap Eksistensi Masyarakat Adat. Aspek Hukum Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Terhadap Eksistensi Masyarakat Adat. Ambon: Jurnal Universitas Pattimura.

Tongke-togke, pemerintah desa. (n.d.). Profil desa tongke-tongke.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.