PERAN KOMUNITAS LOKAL DALAM MENDUKUNG KEMAJUAN PENDIDIKAN ANAK

Supriadi Torro .(1*),

(1) Pendidikan Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) profil  partisipasi pendidikan  anak  di Kabupaten Maros (2) peran komunitas  dalam menkung kemajuan  anak  bersekolah di  Kabupaten Maros. (3) faktor yang mempengaruhi komunitas lokal dalam mndukungdan menghambat  kemajuan pendidikan anak di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan cases study yang dilakukan melalui teknik pengambilan sample bertujuan . Data dikumpulkan melalui  wawancara, dokumentasi dan focus group discussion  Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa (1) profil partisipasi Pendidikan anak  di Laiya Kabupaten Maros adalah  angka partisipasi murni pada jejnjang sekolah dasar danmadrasah meningkat tiga tahun terakhir yakni tahun 2019 sebesar 95,4, tahun 2020 naik sedikit 97,5 dan tahun 2021 menjadi 98,0 %. Kejadian yng sama juga terlihat pada jenjang sekolah mengengah pertama  mengalami peningkatan pada angka partisipasi kasar  yaitu; tahun 2019 sebesar 102 ,2%, tahun 2020 naik menjadi 102,4 %  dan tahun 20211 menjadi 103 %. (2) peran  komunitas dalam mendukung kemajuan pendidikan   anak  bersekolah di  Kabupaten Maros.yaitu: (a) Membuat kelas alternative yang tidak formal. (b) berpartisipasi di sekolah  dengan menyumpang pikiran dan tenaga untuk mengajar. (c) Mengadakan rumah baca dalam bentuk perpustakaan sederhna (d) Mensosialisasikan  pemahaman pentingnya pendidikan melalui kunjung rumah, brosur dan foster. (3) Faktor yang mempengaruhi komunitas local  dalam mendukung kemajuan pendidikan anak di  Kabupaten Maros yaitu: (a) faktor pendorong meliputi jenis kegiatan pembinaan yang menarik, dan hubungan antara pendidik dan peserta didik yang baik. (b) faktor penghambat yang terdiri dari faktor internal meliputi adanya anggota yang kurang bekerja secara kolektif, ad anya anggota yang kurang menindaklanjuti hasil evaluasi, adanya anggota yang kurang disiplin waktu saat berkegiatan, serta faktor eksternal meliputi kendala dari segi akses di lokasi binaan, kondisi murid yang kurang mendukung dalam mengikuti pembinaan, serta kegiatan akademik maupun nonakademik dari relawan.

 



Keywords


Kata kunci: Komunitas local, Partispasi dan Pendidikan anak

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Sakti Membangun Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Johnson, Doyle Paul, 1994. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. 2 Jld. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nursalam, dkk. 2016. Teori Sosiologi Klasik, Modern, Posmodern, Saintifik, Hermeneutik, Kritis, Evaluatif Dan Integratif. Yogyakarta: Writing Revolution.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi, Dari Sosiologi Sampai Perkebangan Terakhir Postmodern Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriadi Torro, dkk. 2013. Kelompok Strategis dalam Masyarakat. Makassar:

Universitas Negeri Makassar.

Turner, Jonathan H. 1982. The Structure of Sociological Theory. 3rd ed. America: The Dorsey Press.

Fajar, Muhammad, Wisudo, Bambang. Dkk, 2015. Sekolah Harapan, Sekolah Bebas Korupsi. Malang: Madani.


Article Metrics

Abstract view : 802 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.