PERAN KOMUNITAS LOKAL DALAM MENDUKUNG KEMAJUAN PENDIDIKAN ANAK
(1) Pendidikan Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) profil partisipasi pendidikan anak di Kabupaten Maros (2) peran komunitas dalam menkung kemajuan anak bersekolah di Kabupaten Maros. (3) faktor yang mempengaruhi komunitas lokal dalam mndukungdan menghambat kemajuan pendidikan anak di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan cases study yang dilakukan melalui teknik pengambilan sample bertujuan . Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan focus group discussion Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa (1) profil partisipasi Pendidikan anak di Laiya Kabupaten Maros adalah angka partisipasi murni pada jejnjang sekolah dasar danmadrasah meningkat tiga tahun terakhir yakni tahun 2019 sebesar 95,4, tahun 2020 naik sedikit 97,5 dan tahun 2021 menjadi 98,0 %. Kejadian yng sama juga terlihat pada jenjang sekolah mengengah pertama mengalami peningkatan pada angka partisipasi kasar yaitu; tahun 2019 sebesar 102 ,2%, tahun 2020 naik menjadi 102,4 % dan tahun 20211 menjadi 103 %. (2) peran komunitas dalam mendukung kemajuan pendidikan anak bersekolah di Kabupaten Maros.yaitu: (a) Membuat kelas alternative yang tidak formal. (b) berpartisipasi di sekolah dengan menyumpang pikiran dan tenaga untuk mengajar. (c) Mengadakan rumah baca dalam bentuk perpustakaan sederhna (d) Mensosialisasikan pemahaman pentingnya pendidikan melalui kunjung rumah, brosur dan foster. (3) Faktor yang mempengaruhi komunitas local dalam mendukung kemajuan pendidikan anak di Kabupaten Maros yaitu: (a) faktor pendorong meliputi jenis kegiatan pembinaan yang menarik, dan hubungan antara pendidik dan peserta didik yang baik. (b) faktor penghambat yang terdiri dari faktor internal meliputi adanya anggota yang kurang bekerja secara kolektif, ad anya anggota yang kurang menindaklanjuti hasil evaluasi, adanya anggota yang kurang disiplin waktu saat berkegiatan, serta faktor eksternal meliputi kendala dari segi akses di lokasi binaan, kondisi murid yang kurang mendukung dalam mengikuti pembinaan, serta kegiatan akademik maupun nonakademik dari relawan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Sakti Membangun Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Johnson, Doyle Paul, 1994. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. 2 Jld. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nursalam, dkk. 2016. Teori Sosiologi Klasik, Modern, Posmodern, Saintifik, Hermeneutik, Kritis, Evaluatif Dan Integratif. Yogyakarta: Writing Revolution.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi, Dari Sosiologi Sampai Perkebangan Terakhir Postmodern Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supriadi Torro, dkk. 2013. Kelompok Strategis dalam Masyarakat. Makassar:
Universitas Negeri Makassar.
Turner, Jonathan H. 1982. The Structure of Sociological Theory. 3rd ed. America: The Dorsey Press.
Fajar, Muhammad, Wisudo, Bambang. Dkk, 2015. Sekolah Harapan, Sekolah Bebas Korupsi. Malang: Madani.
Article Metrics
Abstract view : 802 times | PDF view : 80 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.