ETOS KERJA PEREMPUAN DALAM PEMBUDIDAYAAN RUMPUT LAUT DI DESA BONTO JAI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Lilis Adriani Ansar(1*), Darman Manda ,(2), Dimas Ario Sumilih(3),

(1) Pendidikan Antropoli UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(3) Pendidikan Antropologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Etos kerja perempuan dalam pembudidayaan rumput laut di Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. (2) Serta peran perempuan dalam pembudidayaan rumput laut di Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan juga wawancara. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Etos kerja perempuan dalam pembudidayaan rumput laut sangatlah tinggi dan para perempuan sangat mengtahui betul hakikat dari pekerjaan yang dilakukannya tanpa unsur paksaan. (2) Peran perempuan dalam pembudidayaan rumput laut di Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng terbagi menjadi dua yaitu peran dalam sektor domestik dan peran dalam sektor publik. Peran perempuan dalam sektor domestik yakni menjadi istri, ibu rumah tangga dan juga anggota masyarakat. Sedangkan untuk peran dalam sektor publik perempuan berperan dalam perekonomian keluarga yakni terlibat pada kerja-kerja pembudidayaan rumput laut seperti pada pra panen, pembibitan, masa panen dan pasca panen menunjukkan bahwa keterlibatan perempuan sangatlah dibutuhkan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa etos kerja perempuan dan peran perempuan dalam pembudidayaan rumput laut sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan pembudidayaan rumput laut.

 



Keywords


Kata kunci: Peran, Perempuan, Etos, Pembudidayaan rumput laut

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adam, Adiyana. 2020. Fungsi Perempuan Dalam Usaha Budidaya Rumput Laut Di Desa Golo-Golo Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Kerajinan Perempuan, Gender Dan Agama, 14 (01), 142.

Apsari Meti Fitri. 2017. Pengaruh Status Ekonomi Masyarakat Kota Terhadap Tingkat Partisipasi Gotong Royong. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Lampung Bandar Lampung.

Aswiyati, Indah. 2016. Peran Perempuan Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. Jurnal Holistik, Th IX (17), 3.

Beti Aryani.2020. Peran Perempuan Dalam Membantu Ekonomi Keluarga di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Kabupaten Pesisir Barat, hal 19-20. Fachry.2019. Laut Di Kabupaten Bantaeng. Jurnal Penelitia Berkelanjutan, 7 (2), 135.

Hamdanah., dan Jirhanuddin. 2017. Etos Kerja Wanita. Penerbit K-Media : Yogyakarta.

Hilmi., Imun Muntaha. 2013. Perspektif Max Weber Tentang Etos Kerja Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Ips – Ekonomi. Skripsi. Kementrian Agama Republik Indonesia. Institute Agama Islam Negeri Syekh Nurjati : Cirebon.

Ichsan, Nurul. 2015. Kerja, Bisnis dan Sukses Menurut Islam. The Journal of Tauhidinomics, Vol 1 (2), 167-171.

Intan, Salmah. 2014. Kedudukan Perempuan Dalam Domestik dan Publik Perspektif Jender. Jurnal Politik Persfektif, Vol 3 (1).

Irfan. A. 2011. Keanekaragaman Dan Pemanfaatan Rumput Laut Di Pantai Bayah, Banten. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pakuan : Bogor.


Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.