PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PERAN INSTITUSI KEMASYARAKATAN DI WILAYAH PESISIR KECAMATAN TANETE RILAU

Ernawati S Kaseng(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peranan serta tingkat partisipasi lembaga masyarakat dalam penanganan pelestarian lingkungan di Sulawesi Selatan; 2) mengidentifikasi dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk meningkatkan peranan lembaga masyarakat dalam pelestarian lingkungan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.  Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling.  Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Proses ini berlangsung dengan memperhatikan prinsip triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang signifikannya peran dari berbagai kelembagaan lokal dalam pelestarian lingkungan di wilayah pesisir dimana hal ini diiringi tidak terorganisirnya dengan baiknya institusi kemasyarakatan yang ada. Hal ini disebabkan melemahnya kerjasama dalam kegiatan yang dilakukan secara bersama pada sebahagian besar kegiatan/program  institusi kemasyarakatan. Terlihat ada kecenderungan di antara institusi kemasyarakatan yang ada untuk bersifat reaktif semata dalam pelestarian lingkungan ketika akan dilangsungkan perayaan hari besar negara  padahal masalah lingkungan sebenarnya perlu dilakukan secara  rutin. Semakin berkurangnya program-program pemberdayaan masyarakat yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup menyebabkan pula berkurangnya program  desa yang terkait hal tersebut.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Institusi Kemasyarakatan, Pelestarian Lingkungan, Wilayah Pesisir

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Atkitson, R.L., Atkitson, R.C & Hilgard, E.R. (1993). Intoduction to psychology. 8th ed. New York: Harcourt Brace Jovanovich Publisher.

Bloom, B.S. (1964). Taxonomy of educational objectivities the classification of education goals. Handbook II: Affective Domain, New York & London: Longman, Inc.

Bootzin, R.R., Loftus, E.F., & zajonc, R.B. (1983). Psychology today an introduction. (5th ed.) New York: Random House.

Dahuri, R., Jacub R., Sapta P.G., & M.J. Sitepu, 2001. Pengelolaan sumber daya wilayah pesisir dan lautan secara terpadu. Pradnya Paramita, Jakarta : 328 hlm.

FAO dan IIRR. 1995. Pengolohan Sumber daya Lahan Kering. Jakarta: Pusat Penyuluhan Kehutanan.

Faure, F., Herrera, F., Kaddoura, A.R., Lopes, H., Petrovsky, A.V., Rahmena, M., and Champion Ward, F (1972). Learning to be, the world of education today and Tomorrow. Paris & London: Unesco Harrap.

Harger, J.R.E. (1993, Oktober). Environmentally sound and sustainable (development). Makalah yang dibawakan dalam seminar PKLH, PPS IKIP Jakarta.

Hillyng, J. (1993, Oktober). Environmental and sustainable development. Makalah yang dibawakan dalam seminar PKLH, PPS IKIP Jakarta.

Knowles & Malcolm. (1977).The modern practice of adult education. New York: Assosiation Press.

Lunandi, A. G. (1993). Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Pomalingo. 2003. Pengetahuan Lingkungan. Edisi revisi, gorontalo: Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia.

Rogers, C.R. (1980). A way of being. Boston: Houghton Mifflin Company.

Salim, E. (1986) Pembangunan berwawasan lingkungan. Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Sarwono, S.W. (1992). Psikologi lingkungan. Jakarta: PT. Gramedia. Makalah yang dibawakan dalam seminar PKLH, PPS IKIP Jakarta.

Sastrawijaya, A.T. 1991. Pencemaran Lingkungan. Surabaya: Rineka Cipta.

Semiawan, C. (1978). Lingkungan belajar yang mengundang suatu pendekatan bermakna Dalam meningkatkan perkembangan anak retasdasi mental. Disertasi : PPS IKIP Jakarta.

Semiawan, C. & Raka Joni, T. (1993). Pendekatan pembelajaran, acuan konseptual Pengelolaan kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Jakarta: Konsorsium Ilmu Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suhartono, S. (1994). Filsafat ilmu pengetahuan. Ujung Pandang: PPS Universitas Hasanuddin.

Swan, J.A., & Stapp, W.B (1974). Environmental education. Strategies toward a more Livable future. New York: John Wiley & Sons co.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.