HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN TATA TERTIB SEBAGAI NILAI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PERILAKU SISWA SMA NEGERI MATAKALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Andi Rahmawakiyah(1*),

(1) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman tata tertib siswa sebagai nilai budaya sekolah di SMA Negeri Matakali Kabupaten Polewali Mandar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan penjelasan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan dengan metode observasi, pembagian angket dan dokumentasi, dengan melibatkan seluruh siswa dan siswa yang tercatat dalam daftar peserta didik di SMA Negeri Matakali Kabupaten Polewali Mandar yang terbagi dalam tiga jenjang kelas dan dua pembagian jurusan yaitu kelas sepuluh, sebelas dan dua belas dengan jurusan IPA dan IPS. Adapun dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Terdapan hubungan yang kuat dan signifikan antara tingkat pemahaman tata tertib sebagai nilai budaya siswa dengan perilaku siswa yang ada di SMA Negeri Matakali kabupaten Polewali Mandar .Tingkat pemahaman siswa terhadap tata tertib yang menjadi aturan sekolah di SMA Negeri Matakali di kategorikan kedalam indicator Paham, Siswa dapat menterjemahkana tata tertib,Menafsirkan dan mengekstrapolasi Tata Tertib yang berlaku di SMA Negeri Matakali.Perilaku siswa yang  ada di SMA Matakali dikategorikan dalam tingkatan baik , Perilaku ini di tujukkan dalam  bentuk kesadaran diri, ketaatan,Menjadikan Tata tertib sebagai alat  pendiudikan secara formal yang di terapkan dalam lingkungan sekolah dan mematuhi segala bentuyk hukuman yang diberikan ketika siswa tersebut melanggar peraturan tersebut.


Keywords


Kata Kunci: Tata Terib Sekolah , Nilai Budaya dan Perilaku Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahman. 2006.Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah.Bandung: Pt Refika Aditama.

Darmiyati,Zuchdi.2004.Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yokyakarta : UNY Perss

Desmita. 2010.Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.Hlm

Djali. 2013.Psikologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.

Imron,Ali.2012.Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah.Jakarta:Bumi Aksara.

Indrakusuma, Amier Daiem.1979. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Langgulun, Hasan. 2012. Manusia Dan Pendidikan.Jakarta:Pustaka Alhusna.

Muhammad, 2003 Metode Penelitian Sosial, Jakarta: PTIK Pres

Muhaimin, 2009 Rekonstruksi Pendidikan Islam Dari Paradigma Pengembanngan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyana,Deddy, 2005 Komunikasi Efektif : Suatu Pendekatan Lintas Budaya Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa.2005.Menjadi Guru Profesional.Bandung:Rosdakarya.

Muri yusuf. 2004. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & Penelitian gabungan. Jakarta : Kencana.

Nasution S.1994., Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.

Putranto,Mudji sutrisno Hendar 2009, Teori-teori kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius.

Setiadi,Elly M., 2007 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Cet.II; Jakarta

Silaen, Sofar Dan Yayak Heriyanto. 2013. Pengantar Statistika Sosial. Jakarta: In. Media

Sirega,Syopian,2012 Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitingan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17

Soekamto,Soerjono 1983, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta:Rajawali.

Sugiyono.2013.Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana,Nana 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Prosedur Penelitian Suatu Penedaktan Praktek.Jakarta :Rineka Cipt.

Triatna,Aan komariah Cepi.2008, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Walgito,Bimo. 2010.Pengantar Psikologi Umum Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Jurnal

Direktorat Pendidikan Menengah Umum 2002, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah, School Reform 01, 200

Hadianti,Leli Siti. 2008 Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis Di Sdn Sukakarya Di Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 02; No. 01; 2008; 1-8.

Irwansyah,A. 2014 Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Makassar.Jurusan Ppkn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Sumilih ,Dimas Ario.2007. Hubungan antara motivasi berprestasi dan motivasi berorganisasi intra sekolah dengan prestasii belajar siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran2006/2007 untuk mata pelajaran Sosiologi pada materi pelajaran kelompok sosial dalam masyrakat multicultural.Universitas Gadjah Mada Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.