PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI KELURAHAN BONGKI KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Abdul Rahman(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Abd Rahman, 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Penyandang Disabilitas di Kelurahan  Bongki Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.Skripsi. Program Studi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing Oleh Darman Manda dan Dimas Ario Sumilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Untuk mengetahui persepsi masyarakat di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai  Kabupaten Sinjai tentang penyandang disabilitas (2) Untuk mengetahui dukungan masyarakat Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai terhadap penyandang disabilitas.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa secara deskriftif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan  melalui  metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan melibatkan beberapa yaitu tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh pemuda bongki.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adapun  persepsi masyarakat di Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai terhadap penyandang disabilitas tidak ada manusia yang dilahirkan secara sempurna, sebab Allah SWT menciptakan manusia dengan dibekali kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitupula dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik penyandang disabilitas tertuang dalam norma dan nilai-nilai budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi (3S). (2) Dukungan masyarakat di Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai terhadap penyandang disabilitas simpati masyarakat khususnya masyarakat yang ada di di Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai selalu memberikan support atau dukungan para penyandang disabilitas. Dukungan tersebut ditunjukan  salah satunya adalah dukungan sosial sebagai hadirnya masyarakat yang secara pribadi memberikan nasehat, memotivasi, mengarahkan, memberi semangat, dan menunjukkan jalan keluar ketika sedang mengalami masalah dan pada saat mengalami kendala dalam melakukan kegiatan secara terarah untuk mencapai tujuan.

 


Keywords


Kata kunci: Persepsi Masyarakat, Dukungan dan Tokoh Masyarakat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Mur Yusuf. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta : Penasa Media group

Ahmadin. 2013. Metode Penelitian sosial Makassar. : Reihan Intermedia.

Edy, Suharto.2009. Kebijakan Layanan Publik Bagi Bekebutuhan khusus.Yogyakarta: Arruz Media. Fauzi, Ahmad. 2004. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Gerungan, W.A. 2009.Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Imam gunawan. 2015. Metodologi penelitian kualitatif teori dan praktik. Jakarta : Bumi aksara

Juliansyah Noor. 2011 .Metodologi Penelitian : Skripsi,tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta : Prenada Media

Kartono, Dali Gulo.1987. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

King, Laura A. 2010. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika. Koentjaraningrat. 1994. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Mangunsong Vieda. 2009. Psikologi tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jakarta : LPSP3. Musadun, adrianto. 2006. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung: Yrama Widya. M Umar, Ahamad Ali. 1992. Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

Patton, patricia. 2002. EQ-Kecerdasan Emosional Membangun Hubungan Jalan Menuju Kebahagiaan dan Kesejahteraan. Jakarta: Fakultas Psikologi Universita Gunadarma.

Sarwono, Sarito Wirawan. 2008. Psikologi Remaja. Edisi revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sobur, Alex. 2011. Psikologi umum. Bandung: Pustaka setia.

Sudjito Soeparmon. Faktor-Faktor mempengaruhi keberhasilan studi mahasiswa penyandang disabilitas. Vol 1 issue pp 12-19 juni. Di kutip dari Indonesian journal of disability studie.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharnan 2005.Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Surwanti Arni, dkk. 2013. Model Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas di Indonesia. Univesitas Muhamaddiyah Yogyakarta.

Vivik Andriani. 2016. Strategi pembinaan anak tuna rungu dalam pengembangaan interaksi sosial (studi kasus di SLB Negeri kecamatan Sinjai Utara kabupaten Sinjai).

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widjopranoto,. dkk. 2004. Model pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas di Indonesia. Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya


Article Metrics

Abstract view : 691 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.