Efektivitas model konseling aktualisasi diri untuk mengembangkan kecakapan pribadi

Mamat Supriatna(1*),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.2973

Abstract


Artikel ini didasarkan atas penelitian tentang model konseling aktualisasi diri untuk mengembangkan kecakapan pribadi. Model konseling tersebut dikembangkan berdasarkan pendekatan humanistik dan dipadukan dengan hasil studi pendahuluan tentang profil kecakapan pribadi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2009/2010. Prosedur penelitian yang dipergunakan adalah penelitian dan pengembangan yang terdiri atas empat langkah utama, yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, validasi rasional model, dan validasi empirik model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya pencapaian kecakapan pribadi subjek penelitian belum optimal, baik dalam aspek memahami dirinya sendiri, memahami orang lain, maupun dalam berinteraksi sosial secara bermakna. Berdasarkan uji validasi rasional dan empirik, ditemukan bahwa model konseling aktualisasi diri efektif untuk mengembangkan kecakapan pribadi, yang melingkupi hampir semua indikator pada setiap dimensi kecakapan tersebut. Rekomendasi penelitian ini ditujukan untuk pengembangan kecakapan pribadi melalui bimbingan dan konseling, Program Studi Bimbingan dan Konseling, dan penelitian selanjutnya

Keywords


Humanistik, Kecakapan Pribadi, Konseling Aktualisasi Diri, Layanan

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. (2003). Educational Research; An Introduction. London: Longman, Inc.

Brannen, J. (Ed). (1995). Mixing Methods: qualitative and quantitative research. Sydney: Avebury.

Coppens, S. (2006). Re-Introducing Life-Skills Education and Value Clarification in the Learning Environment. Colloque international, Education, Violences, Conflits et Perspectives de Paix en Afrique.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Inc.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences; Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. (Alih bahasa Alexander Sindoro). Batam Center: Interaksara.

Gladding, S.T. (1995). Group Work: A Counseling Specialty. Englewood Cliffs, New Jersey: Merrill an imprint of Prentice Hall.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Goleman, D. (2007). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. London: The Random House Group Limited.

Goleman, D. (2009). Ecological Intelligence. New York: Broadway Books.

Hay, D.F., Castle, J., & Jewett, J. (1994). Development Through Life; A Handbook for Clinician. Blackwell Science.

Imaddudin, A. (2011). Bimbingan dan Konseling Aktualisasi Diri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar.(Tesis). Bandung: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Sekolah Pascasarjana: UPI.

Kumpfer, K.L. (2010). “Best Practices Personal & Social Skills,” Wisconsin Clearinghouse for Prevention Resources. [Tersedia]Personal%20&%20Social%20Skills(3/23/2010).

Larson, D. (Ed).(1984). Teaching Psychological Skills; Models for Giving Psychological Away. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Leonardo, M. (//all-about-stress.com/2008/02/16)

Maslow, A. (1986). “Self-actualizing and Beyond.” Dalam Goleman, D. & Heller, D. (Eds.). The Pleasures of Psychology. New York: A Mentor Book, New American Library.

Pardiansyah, A. (2003). You are A Leader. Menjadi Pemimpin dengan memanfaatkan Potensi Terbesar yang Anda Miliki: Kekuatan Memilih. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Picklesimer, B.K., & Miller, T.K. (1998). Life-skills development inventory-college form: An assessment measure, Journal of College Student Development. FindArticles.com. 30 Oct. 2007.

Sinamo, J. (2000). Strategi Adaptif Abad ke-21: Berselancar di Atas Gelombang Krisis. Jakarta: Gramedia.

Stoltz, P.G. (1997). Adversity Quotient; Turning Obstacles into Opportunities. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Stone, G.L. (1995). Attachment Theory. The Counseling Psychologist, 23, 3. Division of Counseling Psychology of the American Psychological Association: Sage Periodicals Press.

Sukartini, S. P. (2003). Model Konseling Keterampilan Hidup Untuk Mengembangkan Dimensi Kendali Pribadi yang Tegar. (Disertasi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wu, Wu-Tien. (1998). Toward a Successful Career through Personal Intelligence: A Chinese Cultural Point of View, (Paper). New Delhi: The 5th Asia-Pacific Conference on Giftedness.

Wu, Wu-Tien. (2001). Conception and Appraisal of Personal Intelligence, (Paper). Barcelona: The 14th World Conference of the World Council for Gifted and Talented Children.

Wu, Wu-Tien. (2003). Multiple Intelligence, Educational Reform, and A Successful Career, (Paper). Chicago: The AERA Annual Meeting.

Zohar, D. & Marshall, I. (2000). SQ: Spiritual Intelligence; The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury.


Article Metrics

Abstract view : 2098 times | PDF view : 669 times

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Guidance and Counseling Study Program,

Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,

90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306

Lt II Study Program BK, Indonesia

Email: jppk@unm.ac.id

p-ISSN : 2443-2202

e-ISSN : 2477-2518


JPPK UNM Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
JPPK UNM is licensed under a
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

View JPPK UNM My Stats