PENERAPAN TEKNIK AVERSI DALAM MEMODIFIKASI PERILAKU MENYIMPANG MURID AUTIS KELAS DASAR IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR
(1) UPT SPF SD Inpres Maccini Baru Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.14797
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. N. (2017). Terapi Modifikasi Perilaku Untuk Penanganan Hiperaktif Pada Anak Retardasi Mental Ringan. Jurnal Ecopsy, 4(1), 41–51.
Anggara, S., & Marlina, M. (2017). Efektifitas Prosedur Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Amal Bhakti Sicincin. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 5(2).
Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10–14.
Dayakisni, T. (2009). Hudaniah, Psikologi Sosial. Malang.
Dodge, K. A., Lansford, J. E., Burks, V. S., Bates, J. E., Pettit, G. S., Fontaine, R., & Price, J. M. (2003). Peer rejection and social information‐processing factors in the development of aggressive behavior problems in children. Child Development, 74(2), 374–393.
Hadi, P. (2005). Modifikasi Perilaku. Departemen Pendidikan Nasional.
Helt, M., Kelley, E., Kinsbourne, M., Pandey, J., Boorstein, H., Herbert, M., & Fein, D. (2008). Can children with autism recover? If so, how? Neuropsychology Review, 18(4), 339–366.
Karmila, Y., & Iswari, M. (2017). Mengurangi Perilaku Berkata Negatif Melalui Prosedur Aversi Pada Anak Autis X. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(1).
Kazdin, A. E. (2012). Behavior modification in applied settings. Waveland Press.
Khasanah, U. (2018). Pengembangan buku panduan Terapi Aversi untuk mengurangi emosi negatif pada anak. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Martin, G., & Pear, J. J. (2019). Behavior modification: What it is and how to do it. Routledge.
Masykouri, A. (2005). Penanganan Anak Bermasalah. Jurnal Penelitian Pendidikan, Penanganan Anak Bermasalah, 12.
Poh, C. H., Gasiorowska, A., Navarro-Rodriguez, T., Willis, M. R., Hargadon, D., Noelck, N., Mohler, J., Wendel, C. S., & Fass, R. (2010). Upper GI tract findings in patients with heartburn in whom proton pump inhibitor treatment failed versus those not receiving antireflux treatment. Gastrointestinal Endoscopy, 71(1), 28–34.
Pratiwi, J. C. (2016). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).
Putra, I. D. G. A. P., MWP, D. A., & Dharsana, I. K. (2017). Differences Effectiveness of Behavioral Counseling Modeling Technique with Aversi Technique to Self Endurance. Bisma The Journal of Counseling, 1(1), 50–59.
Rohman, F. F., & Fauzijah, A. (2008). Rancang bangun aplikasi sistem pakar untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Media Informatika, 6(1).
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Universitas Tsukuba: Crice.
Webb, T. L., & Sheeran, P. (2006). Does changing behavioral intentions engender behavior change? A meta-analysis of the experimental evidence. Psychological Bulletin, 132(2), 249.
Widiasari, Y. (2016). Modifikasi Perilaku Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Implementasi Teknik Modeling dan Toke ekonomi dalam proses perubahan tingkah laku pada anak usia dini). Psycho Idea, 14(1).
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 102–116.
Willis, S. S. (2017). Konseling individual, teori dan praktek.
Article Metrics
Abstract view : 1271 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Andhar wijaya, Usman Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.