EFEKTIFITAS BIMBINGAN KARIER UNTUK PENINGKATAN CORE WORK SKILLS MAHASISWA
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1289
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan karier untuk peningkatan core work skills mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen kuasi dengan desain pretest dan posttes. Alat instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) tingkat core work skills sebelum dan setelah mengikuti program bimbingan karier. Hasil studi pendahuluan menunjukkan tingkat core work skills sebagian mahasiswa semester akhir berada pada kategori sedang dan setengahnya lagi berada pada kategori tinggi. Ditinjau dari 20 indikator core work skills, 10 cenderung berada pada kategori Tinggi dan 10 pada kategori Sedang atau belum dikuasai secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan program bimbingan karier efektif untuk peningkatan core work skills mahasiswa. Peningkatan dapat dilihat dari 20 indikator core work skills, 18 indikator efektif meningkat dan 2 indikator tidak efektif meningkat setelah pemberian perlakuan.
Kata Kunci: Program, Bimbingan Karier dan Core Work Skills
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1542 times | PDF view : 1552 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.