Sistem Among, Sistem Dalton dan Shanti Niketan (Kajian Komparatif Sistem Pendidikan Indigenious Indonesia, Amerika, dan India serta Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia)

Ahmad Tanaka(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Artikel ini merupakan hasil kajian literatur terhadap sistem pendidikan di tiga negara, yakni Indonesia, Amerika, dan India yang dilakukan dengan analisis komparatif. Ketiga sistem ini telah dirintis dan dipraktekkan oleh para tokoh pendidikan pada ketiga negara tersebut pada zamannya. Ketiga sistem pendidikan yang merupakan pendidikan indigenious hasil karya tokoh pendidikan dari ketiga negara berdampak positif danĀ  bagi sistem pendidikan nasional. Implikasi dari sistem-sistem pendidikan tersebut dapat dilihat dari beberapa hal. Misalnya, fakta sosial bahwa karakter bangsa telah berada pada posisi yang memprihatinkan bangsa ini sehingga pendidikan karakter yang justru telah dipraktekkan oleh Sistem Among dan Shanti Niketan menjadi sangat relevan kembali bagi pendidikan kita. Demikian pula dengan pendidikan berbasis keluarga, pendidikan humanis, learning by doing pada Sistem Among, pendidikan sejawat, pendidikan multicultural, enjoy learning, moving class pada Sistem Dalton, serta pendidikan di alam terbuka dan sekolah berasrama pada Shanti Niketan menjadi issu yang terus aktual dan menjadi khazanah dalam memperkaya sistem pendidikan nasional.

Simak

Baca secara fonetik

Kata Kunci: Sistem Pendidikan, Among, Dalton, Shanti Niketan, Implikasi.


Article Metrics

Abstract view : 910 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.