Pengembangan Paket Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan: Suatu Inovasi Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak

M Djufri(1*), . Suardi(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mengembangkan Paket Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan di Taman Kanak-Kanak. Gagasan ini mengacu pada konsep life skill anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan riset pengembangan dengan memadukan prinsip-prinsip dan alur kerja pengembangan teknologi pendidikan dengan berbagai pendekatan riset dan strategi evaluasi pendidikan. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis konseptual dan kebutuhan belajar anak usia dini, serta karakteristik lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, Roundtable Discussion, dan angket. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kompetensi kurikulum 2004 di Taman Kanak-kanak belum mencantumkan secara eksplisit pembelajaran berbasis kewirausahaan. Meskipun demikian, tema pembelajaran tertentu dapat dioptimalkan untuk membangun jiwa kewirausahaan anak. Keterlibatan guru dinilai belum optimal, cenderung prosedural dalam pengelolaan kelas, dan masih lemah dalam penilaian hasil belajar. Hasil penelitian ini dijadikan acuan  penyusunan paket Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan.

Kata Kunci: anak usia dini, jiwa kewirausahaan


Article Metrics

Abstract view : 985 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.