Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5 – 6 Tahun

Juli Hasrita(1*), Herman Herman(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Panrita Lopi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Manggala
(*) Corresponding Author



Abstract


Metode menganyam digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak, karena metode menganyam memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mengkoordinasikan tangan dan matanya serta mengontrol gerakan tangan menggunakan otot jari. Masalah penelitian yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B di TK Panritalopi Lembanna Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Tahun Pelajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Panritalopi Lembanna semester II tahun ajaran 2020 – 2021 yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian klasik menunjukkan bahwa persentase keterampilan motorik halus anak yang diamati adalah koordinasi mata dan tangan serta dapat mengontrol gerakan tangan menggunakan otot jari. Hasil pra siklus 10% meningkat pada siklus I menjadi 20%, setelah perbaikan perencanaan pada siklus II meningkat 60% dan pada siklus III diperoleh 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan motorik halus anak di TK Panritalopi Lembanna Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Peneliti menyarankan agar guru dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan menganyam.

Kata Kunci : Motorik Halus, Aktivitas Menganyam, Media Daun Pisang


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.