Perbandingan Regresi Data Panel Variabel Perdagangan berdasarkan Periode Data Selama Pandemi Covid-19

Nina Valentika(1*), I Made Sumertajaya(2), Nunung Kusdaniyama(3), Sunardi Sunardi(4),

(1) Universitas Pamulang
(2) IPB University
(3) Universitas Pamulang
(4) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jmathcos.v6i1.39687

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memodelkan pengaruh return dan volume perdagangan terhadap bid-ask spread menggunakan data bulanan dan data tahunan selama Pandemi Covid-19, serta membandingkan model regresi data panel untuk melihat pengaruh return dan volume perdagangan terhadap bid-ask spread berdasarkan periode data bulanan dan tahunan selama Pandemi Covid-19. Hasil penelitian diperoleh bahwa model terbaik untuk data bulanan dan data tahunan pada masa Pandemi Covid-19 adalah model data efek random dengan efek individu atau cross section. Pada model data efek random dengan efek individu atau cross section untuk data bulanan, diperoleh bahwa volume berpengaruh nyata terhadap bid-ask spread pada taraf nyata 5%. Sedangkan, untuk data tahunan, diperoleh bahwa return berpengaruh nyata terhadap bid-ask spread pada taraf nyata 5%. Persamaan dugaan model data efek random dengan efek individu atau cross section untuk data bulanan sebagai berikut:

 

 

Sedangkan, persamaan dugaan model data efek random dengan efek individu atau cross section untuk data tahunan sebagai berikut:

 

 

Model yang terbaik berdasarkan periode data bulanan dan tahunan adalah model data efek random dengan efek individu atau cross section dengan menggunakan data tahunan.

Full Text:

PDF

References


Akinwande MO, Dikko HG, Samson A. 2015. Variance inflation factor: as a condition for the inclusion of suppressor variable(s) in regression analysis. Open Journal of Statistics 5: 754-767.

Ariefianto MD. 2012. Ekonometrika Esensi dan Aplikasi dengan menggunakan EViews. Jakarta (ID): Erlangga.

Gunawan B. 2005. Pengaruh Volume Perdagangan dan Return terhadap Bid-Ask Spread dengan Model Koreksi Kesalahan (Studi Empiris Saham Industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Investasi. 6(1): 147-167.

Nurudin et.al. 2014. Ukuran Sampel dan Distribusi Sampling dari Beberapa Variabel Random Kontinu. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster). 3(1): 1- 6.

Paital RR, Sharma NK. 2016. Bid-ask spreads, trading volume and return volatility. Eurasian Journal of Economics and Finance. 4(1):24-40.

Parulian. 2020. The Effect of Stock Price and Trade Volume of Bid Ask Spread in LQ 45 Index Period 2018-2019. Journal of Business, Management, and Accounting. 2(1): 92-100.

Side et.al. 2019. Analisis Regresi Panel pada Pemodelan Tingkat Kematian Bayi di Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Mathematics, Computations, and Statistics. 2(2): 115-125.

Tandelilin E. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta (ID): Kanisius.

Tanjung et.al. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inflasi di Pulau Sumatera Menggunakan Metode Regresi Data Panel. Journal of Mathematics, Computations, and Statistics. 5(1): 29-39.

Yuliana UA. 2022. Pemodelan Regresi Data Panel Untuk Memprediksi Ketersediaan Beras di Kabupaten Bojonegoro. STATKOM: Jurnal Statistika Dan Komputasi. 1(1): 1-11.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMathCos (Journal of Mathematics, Computations, and Statistics)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.