Peramalan Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara di Sulawesi Selatan Menggunakan Model ARFIMA

Sukarna Sukarna(1*), Muhammad Abdy(2), Aswi Aswi(3), Nurkaila Kaito(4),

(1) [Scopus Id:57200984433; Sinta Id:6194294, Publon Id:3840552], Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jmathcos.v5i2.38793

Abstract


Pariwisata dianggap sebagai suatu aset yang strategis untuk mendorong pembangunan pada wilayah-wilayah tertentu yang mempunyai potensi objek wisata. Faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan mancanegara berkunjung ke suatu wilayah negara, diantaranya nilai tukar mata uang, inflasi disuatu wilayah kunjungan wisatawan, dan letak geografis suatu wilayah negara. Peningkatan yang tidak terduga pada jumlah kunjungan wisatawan ini dapat berdampak kesulitan bagi para pelaku wisatawan dalam hal memberikan pelayanan terbaik dan sebaliknya jika terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan hal yang dikhawatirkan akan terjadi pengangguran.Oleh karena itu, diperlukan suatu peramalan yang dapat memberikan informasi atau gambaran pada proses jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Dalam analisis runtun waktu terdapat data yang memiliki ciri proses jangka pendek dan data yang memiliki ciri proses jangka panjang. Model yang dapat menangani kedua jenis data ini adalah model autoregressive fractionally integrated moving average (ARFIMA). Model ARFIMA merupakan pengembangan dari model ARIMA, dengan differencing bernilai pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model ARFIMA pada peramalan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Sulawesi Selatan di masa yang akan datang. Pada penelitian ini, nilai AIC antara ARFIMA([1,8],d,0) dengan d ̂_gph=0,02 dan ARFIMA(0,d,1) dengan d ̂_(R/S)=0,12  relatif sama, hasil komparasi dengan model ARIMA memberikan hasil bahwa tidak diperoleh nilai ARIMA yang sesuai sehingga penulis menggunakan model ARFIMA untuk peramalan dan hasil peramalan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara Sulawesi Selatan dapat dilihat dengan perbandingan data out sample.

Keywords: Parawisata, peramalan, ARFIMA.


Full Text:

PDF

References


. V.M. Rizky, E. Suhartini, “Eksistensi Pariwisata Songa Adventure dan Perubahan Sosial Masyarakat Condong Kabupaten Probolinggo,” Jurnal Entitas Sosiologi, II: 1–9. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58689, 2014.

. C. Rahmad, M.F. Ramadhani, D. Puspitasari, “Peramalan Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara Dengan Menggunakan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series (Studi Kasus : Wisata Kabupaten Pasuruan),” Jurnal Informatika Polinema, 4(3): 195, 2018.

. W.M. Padmasani, “Analisis Kinerja Sektor Pariwisata di Sulawesi Selatan Periode Tahun 2002-2012,” 2014.

. L.K. Ningrum, “Penerapan Model Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average (ARFIMA) dalam Peralaman Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI),” Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.

. M.J.D. Adi, "Peramalan Jumlah Pasien Penderita Penyakit Diabetes Menggunakan Metode ARFIMA (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng)," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

. H.A. Prafitia, "Long Memory pada Data Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat ( USD )," Institut Teknologi Sepuluh November, 2010.

. J. Rizal, S. Nugroho, A. Irwanto, Debora, "Analisis Kejadian Gempa Bumi Tektonik di Wilayah Pulau Sumatera," Jurnal Matematika, 6(1): 1–14, 2016.

. S.R. Ainy, "Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kabupaten Lombok Tengah Pada Tahun 2010-2015," In Seminar Nasional dan The 4th Call for Syariah Paper, 396–408, 2015.

. M.J.I. Akbar, "Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average ( ARFIMA ) untuk Analisis Data Kecepatan," Universitas Negeri Semarang, 2020.

. S.N. Anjasmara, "Penerapan Metode Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average (ARFIMA) dalam Peramalan Laju Inflasi di Indonesia," Universitas Lampung, 2017.

. P. Kartikasari, "Prediksi Harga Saham PT. Bank Negara Indonesia dengan Menggunakan Model Autoregressive Fractional Integrated Moving Average (ARFIMA )," Jurnal Statistika, 8(1): 1–7, 2020.

. R. Caroline, "Analisis Kunjungan Kedatangan Tamu Mancanegara ke Indonesia (Studi Kasus : Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai)," Institut Pertanian Bogor, 2012.

. Rukini, P.S. Arini, E. Nawangsih, "Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) Ke Bali Tahun 2019: Metode ARIMA," Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 8(4): 303, 2019.

. Makridakis, S. Wheelwrigt, "Metode dan Aplikasi Peramalan," Jakarta: Binarupa Aksara, 1999.

. H. Panjaitan, A. Prahutama, Sudarno, "Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Menggunakan Metode ARIMA, Intervensi dan ARFIMA (Studi Kasus : Penumpang Kereta Api Kelas Lokal EkonomiDAOP IV Semarang)," Jurnal Gaussian, 7(1): 96–109, 2018.

. I. Rahmi, S.P. Wulandari, "Peramalan Jumlah Wisatawan Mancanegara yang Masuk Melalui Pintu Kedatangan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2010.

. Supranto, "Metode Ramalan Kuantitatif : untuk perencanaan Ekonomi," Jakarta: Rineka Cipta, 2000.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMathCos (Journal of Mathematics, Computations, and Statistics)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.