Analisis Pengaruh Endorsement dan Paid Promote terhadap Penjualan Online Shop dengan Teori Permainan

Restina Silalahi(1*), Marlina Setia Sinaga(2),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jmathcos.v6i1.33154

Abstract


Abstrak. Peningkatan jumlah pengguna internet memberikan inovasi terbaru dalam berbelanja yaitu online shop. Penjual dapat merepresentasikan insight penjualan dengan menggunakan strategi paid promote dan endorsement. Penelitian ini mengkaji pengaruh paid promote dan endorsement terhadap penjualan menggunakan teori permainan. Teori permainan adalah sebuah pendekatan matematis untuk merumuskan konflik dan persaingan yang melibatkan berbagai kepentingan serta memiliki keinginan untuk menang. Selanjutnya, digunakan analisis varians untuk menguji signifikansi pengaruh beberapa variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun atribut yang digunakan adalah harga, kualitas konten dan influencer. Hasil yang diperoleh untuk strategi pemasaran terbaik paid promote agar mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah strategi kualitas konten paid promote. Sedangkan untuk strategi pemasaran terbaik endorsement agar mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah strategi kualitas konten endorsement. Selanjutnya hasil analisis varians menunjukkan bahwa paid promote dan endorsement berpengaruh nyata terhadap penjualan online shop.

Kata Kunci: Teori Permainan, Analisis Permainan, Paid promote, Endorsement.

Abstract. The growth of internet users gives the latest innovation in shopping, which is online shopping. Sellers can use paid promotions and endorsement strategies to represent the sales insights. This study examines the impact of paid promotions and endorsements on sales using game theory and variance analysis. Game theory is a mathematical approach to formulating conflict and competition that involves a variety of interests and has a desire to win. Then, variance analysis is used to test the significance of the influence some independent variables have on a dependent variable. The attributes used in this research are price, content quality, and influencer. The result for the best marketing strategies of paid promotion maximum profit is content quality of the paid promotions. Whereas, for the best marketing strategies for endorsement maximum profit is content quality of the endorsement. Then, the result of the variance analysis showed paid promotions and endorsements make a real difference to online store sales.

Keywords: Game Theory, Variance Analysis, Paid Promote, Endorsement.


Full Text:

PDF

References


Aminudin. (2015). Prinsip-Prinsip Operasi Riset. Jakarta: Erlangga.

Anggraini, D., Mujib., & Putra, N.W. (2018). Aplikasi Logika Fuzzy dalam Teori Permainan Untuk Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus : Persaingan Alfamart dan Indomaret). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017(pp.81-87). Lampung, Indonesia: UIN Raden Intan Lampung.

Daulay, A.R. (2017). Penerapan Teori Permainan dalam Menentukan Strategi Pemasaran Optimum pada Perusahaan Otomotif (Daihatsu vs Toyota) (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Fahmi, M.N. (2018). Endorse dan Paid Promote Instagram dalam Perspektif Hukum Islam. An-Nawa: Jurnal Hukum Islam, 1(1). 22-27.

Imran, A. (2019). Penentuan Strategi Pemasaran jasa Transportasi Online dengan Teori Permainan (Game Theory) Untuk Meningkatkan Minat Konsumen di Wilayah Makassar (Studi Kasus Pengguna Go-jek dan Grab) (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Kansha, D.R. (2017). Efektivitas Penggunaan Endorsement Oleh Online Shop Giyomi di Media Sosial Instagram (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Airlangga, Surabaya.

Nasih, M., Susanto, O., Fanshury, A., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2). 135-144.

Pentury, T. (2007). Analisis Varians Multivariat pada Eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 1(1). 46-50.

Purnomo, R.A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS (Untuk Mahasiswa, Dosen dan Praktisi). Ponorogo: Wade Group.

Rahmawati, A.S., & Erina, R. (2020). Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan Uji Anova Dua Jalur. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1). 54-62.

Sihombing, A.R. (2017). Implementasi Teori Permainan dalam Strategi Pemasaran Produk Laptop (Studi Kasus Mahasiswa S1 FMIPA USU) (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sirait, D.E. (2021). Implementasi Teori Permainan Pada Strategi Pemasaran Produk Kecantikan Oriflame dan Jafra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(1). 35-40.

Talakua, M.W., Abrahams, H., & Lesnussa, Y.A. (2018). Kajian Tentang Pendapat Pelanggan PLN di Desa Passo dan Desa Rumah Tiga Terhadap Listrik Prabayar dengan Metode Analisis Variansi. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1). 17-26.

Vajrin, A.S. (2019). Presepsi Generasi Z Tentang Endorsement dan Paid Promote Produk Fashion @Erigostore di Instragram (Disertasi, tidak dipublikasikan). Universitas Airlangga, Surabaya.

Yuliati, L.N., & Simanjuntak, S. (2011). Persepsi Manfaat dan Risiko dalam Perilaku Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 4(2). 173-181.


Article Metrics

Abstract view : 246 times | PDF view : 9 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 JMathCos (Journal of Mathematics, Computations, and Statistics)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.