Analisis Antrian Pelayanan Tiket Bioskop di Makassar

R. Rasmini(1*), Hisyam Ihsan(2), Maya Sari Wahyuni(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jmathcos.v2i2.13787

Abstract


Pada umumnya antrian yang cukup panjang dapat menimbulkan ketidaknyamanan para pengunjung. Oleh karena itu efesiensi waktu pelayanan merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Permasalahan yang dikaji adalah mengenai sistem antrian pelayanan pembelian tiket di Bioskop 21 Mall Panakkukkang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian yang diterapkan di Bioskop 21 Mall Panakkukkang. Dalam proses analisis dilakukan perhitungan secara manual dan menggunakan software Microsoft Visual Basic sebagai pembandingnya. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, struktur antrian yang diterapkan pada pelayanan pembelian tiket di Bioskop 21 Mall Panakkukkang adalah Singel Channel Single Phase. Model yang diterapkan adalah (M/M/1):(FCFS/∞/∞). Diambil data selama 3 hari dan diperoleh hasil perhitungan rata-rata antara lain:                Antrian pada penelitian ini dikatakan sudah optimal dikarenakan lama pelayanan setiap pengunjung pembelian tiket Bioskop telah memenuhi standar pelayanan. Sedangkan untuk antrian pengunjung yang akan mendapatkan pelayanan telah optimal. Hal ini dikarenakan lama waktu  menunggu dan lama waktu pelayanan pada loket terbilang singkat. Sehingga tidak perlu dilakukan penambahan ataupun pengurangan jumlah server pelayanan yang disediakan.

Kata Kunci: Teori Antrian, Singel Channel Single Phase, Distribusi Poisson, Distribusi Eksponensial, Simulasi.

 

The average number of long lines can cause  discomfort to visitors. Therefore the efficiency of the service time is an interesting thing to learn. The problem studied is about the queue system ticket purchase service at Cinema 21 Mall Panakkukkang. This study aims to determine the queue model applied in the Cinema 21 Mall Panakkukkang. In the process of analysis the calculation is done manualy and using Microsoft Visual Basic as a comparison. Based on the results of the analysis of the data obtained, the structure of the queue  applied to the ticket pusrchase service at Cinema 21 Mall Panakkukang is Singel Channel Single Phase. The model applied is the (M/M/1):(FCFS/∞/∞). Data taken for 3 days and the obtained results of the average calculation, among others                This queue on the study is said to be optimal due to the long service each visitor the purchase of a Cinema ticket has meet the service standards. While for the queue of visitors who will get the service has been optimal. This is because the long waiting time and long time service at the counter is fairly short. So no need to do addition or subtraction the number of service servers provided.

Keywords: Queuing Theory, Single Channel Single Phase, Distribution Poisson, Distribution Exponential, Simulation.


Full Text:

PDF

References


Andika., Pardede, A.M.H., & Novryanti. (2018). Simulasi Antrian Pelayanan Bank menggunakan Metode Eksponensial. Jurnal Sistem Informasi Kaputama, 2(1). 9-19.

Arwindy, F., Bu’ulolo, F., & Rosmaini, E. (2014). Analisis dan Simulasi Sistem Antrian pada Bank ABC. Jurnal Saintia Matematika, 2(2). 147-162.

Heizer, J., & Render, B. (2005). Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Jatmika, S., & Prasetyo, B.P.T. (2017). Analisis Antrian Model Multi Channel-Singel Phase dan Optimalisasi Layanan Akademik. Jurnal POSITIF, 3(1). 41-46.

Kakiay, T.J. (2004). Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi.

Ratnasari, S., Rahadian, N., & Liquidan, E. (2018). Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Konsumen Gerai MCD Solo Grand Mall dengan Arena. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC (7-8). Surakarta, Indonesia: USM.

Retnaningsih, S.M & Irhamah. (2011). Riset Operasi. Surabaya: ITSPRESS.

Serlina, L. (2018). Analisis Sistem Antrian Pelanggang Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.

Setyawan, A.S. (2013). Analisis Sistem Antrian Layanan Teller pada Bank BRI KCP Jakenan Pati (Skripsi). Universitas Diponegoro, Semarang.

Silaban, D.C., & Sulvin, M. (2015). Analisis Kinerja Sistem Antrian M/M/C. JURNAL SINGUDA ENSIKOM, 7(3). 165-170.

Sinalungga, S. (2008). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhartini, E.S. (2017). Model Antrian untuk Kapasitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (Skripsi). Universitas Islam Negeri Makassar, Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 1602 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Mathematics, Computations, and Statistics



Indexed by:

         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.