Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Bahan Bacaan terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kotamadya Makassar

Djohar Amir(1*), Ambo Dalle(2), Syamudduha Syamudduha(3), Bakri Bakri(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.72602

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh lingkungan keluarga dan bahan bacaan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas XI SMA Negeri se-Kotamadya Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. Sampel penelitian ini yakni, 36 siswa dari SMA Negeri 5 Makassar, 36 siswa dari SMA Negeri 21 Makassar, dan 36 Siswa dari SMA Negeri 17 Makassar. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu lingkungan keluarga dan bahan bacaan. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan literasi membaca siswa di SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua macam statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini yakni: 1) Lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi membaca siswa di SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. 2) Bahan bacaan memiliki kontribusi signifikan terhadap literasi membaca siswa SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. 


Keywords


Bahan Bacaan; Lingungan Keluarga; Literasi Membaca; SMA

Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Setiawati, S. (2022). Hubungan antara ketersediaan bahan bacaan berbasis kebutuhan anak dengan minat bacanya. Jurnal Family Education, 2(2), 127–132.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fitriyani, R., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat baca siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(3), 104–110. https://doi.org/10.31004/jpk.v2i3.1157

Gambrell, L. B., Morrow, L. M., & Pennington, C. (2000). Early childhood and elementary literacy instruction: What the data say. The Reading Teacher, 54(1), 8–19.

Hidayat, T., & Nuryadin, E. (2019). Hubungan bahan bacaan dan kemampuan literasi siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 45–53. https://doi.org/10.17509/bs_jpb.v19i1.14420

Iskandar, J. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap belajar siswa. Edu-Leadership, 1(1), 96–107.

Krashen, S. D. (2004). The power of reading: Insights from the research (2nd ed.). Libraries Unlimited.

Matus, D. A. (2016). Pengaruh tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan orang tua serta disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri di Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 136–148.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, E., & Kurniawati, H. (2021). Literasi membaca siswa ditinjau dari lingkungan keluarga dan jenis bahan bacaan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 9(2), 110–120. https://doi.org/10.21831/jipi.v9i2.39485

OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trimulyo, J. (2023). Lingkungan keluarga terhadap kebiasaan membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kajian Islam Modern, 9(2), 23–34.

Wati, T. S. M., dkk. (2024). Pengenalan pengaruh lingkungan keluarga terhadap literasi anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 4(4), 565–568.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Djohar Amir, Ambo Dalle, Syamudduha Syamudduha, Bakri Bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya