PERAN BUDAYA LITERASI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO

Eriana Awalush Sholiha(1*), Sigit Dwi laksana(2), Lilis Sumariyanti(3), Yuli Hartini(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(4) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.72561

Abstract


Perkembangan membaca siswa sangat dipengaruhi budaya literasi sekolah. sehingga perlu media pembelajaran yang menarik. Pada kasus di lapangan minat membaca siswa SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo masuk dalam kategori baik. Hal ini didorong dengan keberadaan buku bergambar menjadi pendorong minat baca siswa SDMT Ponorogo. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data peneliti didapatkan dengan cara observasi, wawancara dengan pihak guru dan sumber sumber lainnya yang bertujuan untuk menganalisis peran gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan pembentukan karakter siswa. GLS di SDMT sudah memenuhi kriteria prinsip Literasi Sekolah. Buku cerita bergambar merupakan media  yang berperan untuk menumbuhkan minat baca dan tulis siswa kelas bawah. Pengembangan gerakan literasi di SDMT ini tergolong kreatif dan visioner dalam mengembangkan minat baca siswa, sehingga perlu dikembangkan kembali untuk mendukung perkembangan kognitif siswa.


Keywords


literasi, media pembelajaran, buku bergambar

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Asyikin, N., & Sapri, S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIS Mutiara Sei Mencirim. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 657–665. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2382

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/888

Fransiska Ayuka Putri Pradana. (2020). Pengaruh Budaya Literasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 2(menerapkan budaya literasi), 81–85.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Helwa Hanin, N., & Irfan Islamy, M. (2020). Reading Literacy Movement in Elementary School / Gerakan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.418

Inawati. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Siswa pada Jenjang Pendidikan Menengah. Literatify: Trends in Library Developments, 3(1), 1–13. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/literatify/article/view/24645

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Joko, R. M. (2020). Kajian Struktur Teks dan Nilai Karakter pada Buku Cerita Giga dan Gogi sebagai Media Pembelajaran Study of Text Structure and Character Value in Giga and Gogi Storybook as Learning Media. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 5(1), 36–53.

Laksana, S. D. (2015). Komik Pendidikan sebagai Media Inofatif MI/SD. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 151–162. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.151-162

Laksana, S. D., Ariyanto, A., Tajab, M., Syam, A. R., & Sumaryanti, L. (2024). Comic Strip Media Assisted by Digital Gamification: Increasing Student Behavior Targets and User Engagement in the Learning Process. E3S Web of Conferences, 500. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202450005006

Marwah, S., & Hamid, A. (2024). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kata-Kata Sederhana melalui Metode Fonik dengan Menggunakan Media Gambar pada Peserta Didik Kelas I. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 187–192.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Purwo, S. (2020). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar. Dewantara, 5(3), 94.

Puspitasari, E. H., Rustono, & Bakti, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali dengan Bahasa Sendiri melalui Film Dongeng pada Peserta Didik Kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 3(1), 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137

Rahim, F. (2005). Pelaksanaan Pengajaran Membaca di Kelas IV SD 08 Padang. Jurnal Bahasa Dan Seni, 249–269. http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Pelaksanaan-Pengajaran-Membaca-di-Kelas-IV-SD-08-Padang-Farida-Rahim.pdf

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Rosdiana, F., & Fathurrohman, N. (2022). Peran Kepala Sekolah alam Mengembangkan Budaya Literasi di SDN Curug 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10213–10219. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4030

Rukayah, Rosmalah, R. (2023). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Minat Membaca. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 243–248.

S.C. Rawin, I.N. Sudiana, & I.G. Astawan. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.

Silaba, M., Card, M. F., & Permulaan, K. M. (2025). Penerapan Metode Silaba Menggunakan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(4), 284–296.

Sinaga, Y. K. (2024). Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Pembelajaran Kontekstual di SD Swasta RK. 04 Pematangsiantar. Journal of Human And Education, 4(3), 427–437. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v8i2.4921

Sumaryanti, L. (2017). PERAN LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. M U A D D I B, 7.

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 173. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699

Susanto, H., Arif, M. Z., Saputro, A. D., Laksana, S. D., Tajab, M., & Arifin, J. (2022). Komik Digital Reyog Sebagai Upaya Membangun Karakter Relgius Anak. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(02), 154–166. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Al-Mudarris: Journal of Education, 7(1), 12–23. https://doi.org/10.32478/vg1nnv56

Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59

Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Haim Internasional. Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY, 6(3), 319–330.

Yr, S., & Usman, H. (2024). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Berbasis Video Pad. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 193–199.

Suharmono Kasiyun, and Dewi Widiana Rahayu. 2020. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra 12(2): 120–28. doi:10.31294/w.v12i2.8346.

Widyahening, Christiana Evy. 2018. “Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(1): 11. doi:10.32585/jkp.v2i1.59.

Wulandari, Ranti. 2017. “Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Haim Internasional.” Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY 6(3): 319–30


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eriana Awalush Sholiha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya