Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Teknik Permainan Menyusun Kata Siswa Kelas 1

Sheila Febriyanti Puteri(1*), Ikariya Sugesti(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.72269

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas teknik permainan merangkai kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi aktivitas siswa, observasi kinerja guru, dan tes evaluasi pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi, serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik untuk mempermudah interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dari 33% pada pra-siklus (5 dari 15 siswa), menjadi 60% pada siklus I (9 siswa), dan mencapai 93% pada siklus II (14 siswa). Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik permainan merangkai kata efektif dalam meningkatkan literasi awal serta mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.


Keywords


Membaca Permulaan; Permainan Menyusun Kata; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., & Rachmania, S. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–7. https://doi.org/10. 56393/sistemamo ng.v3i1.1558

Asrijanty. (2022). Dokumen Rekomendasi Kebijakan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021 Pengelompokan Satuan Pendidikan Berdasarkan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021. https://pusmendik. kemdikbud.go.id/pdf/file-136

Farhatunnisa., Ramdhan Witarsa., M. Syahrul Rizal,. (2022) Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 57-64. https://doi.org/10.26858/jkp.v6i1.30107

Hasmawaty, H., Saman, A., Syamsuardi, S., Rusmayadi, R., Ruswiyani, E., & Sadaruddin, S. (2024). Refleksi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Madaniya, 5(2), 305–311. https://doi.org/10.53696/ 27214834.745

Huda, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble. Media Didaktika, 7(2), 34–45. https://doi.org/10.52166/didak tika.v7i2.3676

Ikmal, M. ikmal. (2024). Game Edukasi Menyusun Kata Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Dengan Menggunakan Metode MDLC. Jurnal SANTI - Sistem Informasi Dan Teknik Informasi, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.58794/santi.v4i1.801

Imani, L. N., Dewanti, K. A., Pratanto, C., Wijayanti, A., Nurjanah, A., Pgmi, R., Santang, I., sadirman 2016 didalam imani dkk.2023, & arifudin, 2021 didalam imani dkk.2023. (2023). Upaya Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 11–18.

Luh, N., Andika, P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Studi Literatur Review : Peran Media Game Based Learning terhadap Pembelajaran. 14(1), 799–812.

Maimunah, S. (2025). Dampak Pembelajaran Berbasis Game terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN Pendabah 3.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep, Model, dan Aplikasi. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Pendidikan_Metode_Pendekatan/3fe1DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PP1&printsec=frontcover

Setyosari, P., & Ed, M. (2013). Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Media Group, 06(3), 277.

Solihin, L. (2020). Darurat Literasi Membaca Di Kelas Awal: Masyarakat Indonesia, 46(1), 34–48. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.914

Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak Untuk Budaya Literasi Bahasa. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.24176/kredo. v1i1.1754

Supriadi. (2017). Penerapan Metode Bermain Kartu Bergambar dalam Meningkatan Karakter dan Kemampuan Membaca Permulaan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.38859

Tafani, R. A., Hadi, M. S., Jakarta, M., Info, A., & History, A. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak SD dengan Pendekatan Berbasis Permainan. 8, 2127–2132.

Wijaya, H., Amir, A., Riyanti, D., Claudia Setiana, S., & Sari Somakila, R. (2023). Siklus Kemmis dan McTaggart Contoh dan Pembahasan. September, 1–122.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sheila Febriyanti Puteri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya