PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 4 DI SDK WAERANA II

Algiana Yuliamat Rasapril Jaun(1), Ermelinda Yosefa Awe(2*),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71596

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman numerasi siswa kelas IV di SDK Waerana II dengan menggunakan media manipulatif.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan mengunakan desain penelitian dari Kemmis & MC Taggart. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan tes. Metode tes dilakukan diakhir pembelajaran dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  berupa essay test. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kemampuan siswa 64,37 dan ketuntasan kalsikal sebesar 62,50%. Sedangkan pada siklus II perolehan ketuntasan klasikal siswa yaitu 81,25% dan rata-rata kemampuan siswa 71,25. Peningkatan kemampuan numerasi siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus II sebanyak 44,25% dan peningkatan skor rata-rata siswa sebanyak 6,88. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman numerasi peserta didik.


Keywords


Media Manipulatif, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Awe, dkk. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Tema Derah Tempat Tinggalku di Gugus V Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(1), 26-35

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pendagogy.v6i2.1607

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3(1). https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Laswadi, L. (2023). Desain Lintasan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Arimatika Sosial Menggunakan Aplikasi Quizlet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal on Education, 6(1), 3578–3587. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3455.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(5) https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341.

Ma’rifah, U., Wijayanti, P., & Setianingsih, R. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan Jnis Kelamin. Dharmas Education Journal, 4(3) https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1252.

Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 20–25.

Ramananda, P. C., Arifin, S., & Liana, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 129–141. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilowati, N. (2014). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Pos PAUD Melati Kecamatan Regol Kota Bandung). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 152–170.

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, & Rohati. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. Jurnal: Aksioma, 10(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345.

Zainab Aqib.2013. Model-Model Media. Bandung:CV Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Algiana Yuliamat Rasapril Jaun, Ermelinda Yosefa Awe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya