Pengaruh Media Interaktif Kahoot terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 179 Mallinrung

Rukayah Rukayah(1), Rosmalah Rosmalah(2), Isna Febyola(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71438

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media interaktif Kahoot terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri 179 Mallinrung, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes membaca pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis dengan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics Version 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai probabilitas pretest sebesar 0,406 dan posttest sebesar 0,067, yang keduanya melebihi ambang batas signifikansi 0,05. Uji hipotesis membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) serta nilai t-hitung sebesar 14,508 yang melampaui t-tabel sebesar 2,045. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Kahoot berkontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru mempertimbangkan pemanfaatan Kahoot sebagai media pembelajaran guna mengoptimalkan keterampilan membaca pemahaman siswa secara lebih efektif.


Keywords


Kahoot; Membaca Pemahaman; Media Interaktif

Full Text:

PDF

References


Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial intelligence: Solusi pembelajaran era digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 8(1), 35–46.

Fauzi, A. A., Nugroho, F., Putra, W., & Pratama, Y. A. (2025). Analisis dan Perbandingan Media Interaktif Kahoot dan Quizizz dalam Kemudahan Pembelajaran. 1.

Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933–6942.

Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 670–680.

Jafar, MI, & Irfan, M. (2022). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan , 6 (1), 129-137.

Luthfi, M., Anshory, S., Rahma, L., Putri, A., & Adhari, A. (2025). Studi Kasus : Penggunaan Web Kahoot dalam pembelajaran TIK untuk siswa kelas 5A di SD Lab School UPI Cibiru. 2(1), 735–745.

Nabila, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Assesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. 13(001), 897–906.

Nurfaizah, AP, Andi Amparita, S., & Nurlaela, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan , 6 (2), 375-382.

Oktaviani, H., Sukmanasa, E., & Panji, H. (2024). Inovasi Pembelajaran Matematika Kelas 2 dengan Media Board Game Berbasis Genially. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 253–263.

Rambe, A. H., Parapat, H. F., Hadinata, R., Islam, U., Sumatera, N., Pura, T., & Medan, U. N. (2024). Pemanfaatan Media Berbasis Game dalam Dasar Else ( Elementary School Education. 8(3), 11–12.

Rukmana, R., Wakhyudin, H., Nuruliarsih, N., & Azizah, M. (2024). Memperkuat Literasi Teknologi melalui Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Madaniya, 5(3), 790–796.

Setianingsih, H. (2016). Keefektifan problem solving dan guided inquiry dalam setting TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 221–233.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Trianasari, E., Sudrajat, D., Subroto, D. E., Purnama, Y., Tumiwa, J., & Hutauruk, T. L. (2024). Pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek pada kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10081–10088.

Widyastuti, A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Isna Febyola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya