Pengembangan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71418
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andari, K. D. W., Kartini, & Sendang, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran ipa melalui media fun thinkers book di kota tarakan. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–12.
Anisah, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Muatan Pembelajaran Ips Untuk Mengenalkan Budaya Sasambo Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 241–249.
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. 7(4), 100–111.
http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Arikah, B., Hidayat, M. T., Lutfauziyah, A., & Ibrahim, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Materi Perubahan Kondisi Bumi untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 856–863. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.844
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.62775/ edukasia.v3i3.177
Dewi, N. L. W. R., Suarni, N. K., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Literasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939
Dewi, N. T., & Fajrin, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fun thinkers book pada Materi Pancasila Kelas IV di UPTD SDN Kamal 2. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial, 2(3). https://journal.unimar- amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1168%0Ahttps://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/download/1168/921
Dewi Sulastri, S., Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN 46 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 367–375. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1170
Fallensky, M. S., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Kewargaan Digital Di Smk Pasim Plus Sukabumi. utile: Jurnal Kependidikan, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.37150/jut.v7i1.1094
Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga. v3i2.955
Fauziah, D. S., & Ninawati, M. (2023). Media Fun Thinkers Book Berbasis Kontekstual Materi Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.56916/ ejip.v2i2.362
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Haqi, I., & Asih, S. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4450–4456. https://doi.org/10. 54371/jiip.v7i5.4234
Kusumaningrum, D. A., & Siswanto, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Wonotingal Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 22–31.
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646. https://doi.org/ 10.35931/am.v7i4.2683
Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 2654–4210.
Nuraini, F., Arisyanto, P., & Widyaningrum, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran SIPEKA Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 8(2), 221–230.
Nasyawa, R., & Asih, S. S. (2025). Development of Learning Domino Card Learning Media to Improve Social Science Learning Outcomes. 11(56), 896–906. https://doi.org/10.29303/ jppipa.v11i3.10750
Octaviani, F. R., Danawati, M. G., & Herviani, V. K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Fun Thinkers Book Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPPI), 4(3), 983–992.
Pratiwi, D. A., Sarina, Luthiyaturrohmah, K., Sulastri, & Pramita, A. (2024). Pengaruh keikutsertaan organisasi kemahasiswaan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa jurusan matematika universitas bangka belitung menggunakan uji wilcoxon. Jurnal Fraction, 4(2), 58–66.
Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media “Fun Thinkers Book” untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259
Sariyah, F., & Rachmadyanti, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Materi Perjuangan Melawan Penjajah Di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 11(7), 1546–1555.
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Sudhyatmika, I. K. W., Agustiana, I. G. A. T., & Gede Nugraha Sudarsana. (2022). Media Fun Thinkers Pada Materi Perubahan Energi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 200–208. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48118
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Widyanti, A., & Putra, G. M. C. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu un- tuk Peningkatan Hasil Belajar IPAS SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9(1), 167–177.
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/https://doi. org/10.23969/jp.v8i2.9597
Yarda, L., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinker Book Kelas V Pada Materi Sifat – Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sdn Ngotet Rembang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 149–159. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17059
Article Metrics
Abstract view : 53 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mutia Agustia Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: