Pengembangan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV

Mutia Agustia Ningsih(1*), Sri Sami Asih(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71418

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan desain pengembangan, menguji kelayakan dan keefektifan media Fun Thinkers Book untuk siswa kelas IV SDN Wonoplembon 02. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui tes (pretest dan posttest) dan non-tes (observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menyajikan desain media Fun Thinkers Book meliputi buku, bingkai peraga, dan ubin di desain menggunakan aplikasi Canva; hasil kelayakan dari ahli media dan ahli materi memperoleh 92,85%, tanggapan guru sebesar 100% dan tanggapan siswa sebesar 95,61% dengan kategori sangat layak; keefektifan media Fun Thinkers Book ditunjukkan dari hasil uji paired sample t-test yaitu adanya peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 40,42% dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05 berarti ada perbedaan yang siginfikan, serta hasil uji N-Gain sebesar 0,7776 dengan kriteria tinggi. Jadi, media Fun Thinkers Book dinyatakan layak, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Wonoplembon 02.

Keywords


Fun Thinkers Book; Hasil Belajar; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andari, K. D. W., Kartini, & Sendang, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran ipa melalui media fun thinkers book di kota tarakan. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–12.

Anisah, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Muatan Pembelajaran Ips Untuk Mengenalkan Budaya Sasambo Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 241–249.

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. 7(4), 100–111.

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Arikah, B., Hidayat, M. T., Lutfauziyah, A., & Ibrahim, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Materi Perubahan Kondisi Bumi untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 856–863. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.844

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.62775/ edukasia.v3i3.177

Dewi, N. L. W. R., Suarni, N. K., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Literasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939

Dewi, N. T., & Fajrin, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fun thinkers book pada Materi Pancasila Kelas IV di UPTD SDN Kamal 2. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial, 2(3). https://journal.unimar- amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1168%0Ahttps://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/download/1168/921

Dewi Sulastri, S., Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN 46 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 367–375. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1170

Fallensky, M. S., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Kewargaan Digital Di Smk Pasim Plus Sukabumi. utile: Jurnal Kependidikan, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.37150/jut.v7i1.1094

Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga. v3i2.955

Fauziah, D. S., & Ninawati, M. (2023). Media Fun Thinkers Book Berbasis Kontekstual Materi Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.56916/ ejip.v2i2.362

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Haqi, I., & Asih, S. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4450–4456. https://doi.org/10. 54371/jiip.v7i5.4234

Kusumaningrum, D. A., & Siswanto, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Wonotingal Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 22–31.

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646. https://doi.org/ 10.35931/am.v7i4.2683

Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 2654–4210.

Nuraini, F., Arisyanto, P., & Widyaningrum, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran SIPEKA Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 8(2), 221–230.

Nasyawa, R., & Asih, S. S. (2025). Development of Learning Domino Card Learning Media to Improve Social Science Learning Outcomes. 11(56), 896–906. https://doi.org/10.29303/ jppipa.v11i3.10750

Octaviani, F. R., Danawati, M. G., & Herviani, V. K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Fun Thinkers Book Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPPI), 4(3), 983–992.

Pratiwi, D. A., Sarina, Luthiyaturrohmah, K., Sulastri, & Pramita, A. (2024). Pengaruh keikutsertaan organisasi kemahasiswaan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa jurusan matematika universitas bangka belitung menggunakan uji wilcoxon. Jurnal Fraction, 4(2), 58–66.

Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media “Fun Thinkers Book” untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Sariyah, F., & Rachmadyanti, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Materi Perjuangan Melawan Penjajah Di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 11(7), 1546–1555.

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.

Sudhyatmika, I. K. W., Agustiana, I. G. A. T., & Gede Nugraha Sudarsana. (2022). Media Fun Thinkers Pada Materi Perubahan Energi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 200–208. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48118

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Widyanti, A., & Putra, G. M. C. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu un- tuk Peningkatan Hasil Belajar IPAS SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9(1), 167–177.

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/https://doi. org/10.23969/jp.v8i2.9597

Yarda, L., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinker Book Kelas V Pada Materi Sifat – Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sdn Ngotet Rembang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 149–159. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17059


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mutia Agustia Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya