Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif Berbasis Qr-code Menggunakan Model Make a Match Untuk Peningkatan Hasil Belajar Majas Personifikasi Kelas IV
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71406
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar majas personifikasi di kelas IV SD Negeri Wonosari 03, yang disebabkan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengdaptasi model Borg and Gall yang dimodifikasi sugiyono dari 10 tahapan peneliti hanya menggunakan 8 tahapan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 91% tanggapan guru 95%, dan tanggapan siswa 96%. Efektivitas media pembelajaran dibuktikan melalui uji signifikasi yang menunjukkan nilai 0,001 > 0,005 dengan peningkatan rata-rata dari pretest 44,7 menjadi 87,4 pada posttest. Hasil uji N-Gain mencapai 78,69% yang termasuk dalam kategori tinggi, membuktikan bahwa media flashcard interaktif berbasis Qr-code dengan model make a match efektif meningkatkan hasil belajar majas personifikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, H. & Usman, M. A. I. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS di Kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 202–213.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Fitriani, H., Imanda, R., Rahmi, A., & Nurmalinda, S. (2021). The development of flashcard learning media based on make a match on colloid. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(5), 373. https://doi.org/10.29103/ ijevs.v3i5.6069
Hidayatur, R., Khamdun, & Wawan, S. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Huruf Jawa Di Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 178–188. https://doi.org/10.36989/didaktik. v9i3.1537
Khofifah, U. Z. (2022). Pengembangan Media Flashcard Interakif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pelajaran Bahasa Inggris Keas II Saat Pembelajaran Daring Khofifah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/ view/ 2529), 204–213.
Lestari, A. D., Wijayanti, R., & Susilawati, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard. 4(2), 311–317.
Meiga, L. & Kartika, D. U. Z. (2023). Pengembangan Media Qr-card Materi Sistem Pencernaan Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 11, 824–833.
Nida, Z., & Muzakki, M. A. (2023). Pengembangan Media Flash Card Berbasis Qr-Code Pada Materi Gerhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–121. https://doi.org/10. 25078/aw. v8i2. 3087
Ningrum, T. S., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Metode Make A Match Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 03 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1582–1592. http://prosiding. unipma.ac.id/index.php/KID
Nuraini, A., & Suryanti. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbarcode Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda Untuk Meningkan Literasi Saisn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 302–316.
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761. https://doi. org/10.31004/ basicedu.v6i2.2258
Silaban, E. M. (2023). Analisis Gaya Bahasa Personifikasi Terhadap Novel “ Orang-Orang Biasa ” Karya Andrea Hirata. 1(3).
Silahuddin, A., Misbahul, S., Gumawang, U., Desa, B. J. I., Merah, T., Belitang, K., Raya, M., Oku, K., & Sumatera-Selatan, T. P. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 Desember), 162–175. https://jurnal.insanprimamu. ac.id/index.php/idaarotul/article/view/244
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar Pembelajaran (Prenadamedia (ed.); Edisi ke2).
Usman, U., Yulia, Y., & Handayani, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Di Kelas V UPT SD Negeri 123 Pinrang. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(3), 395. https://doi.org/ 10.26858/jkp. v7i3. 44374
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/ 10.31004/ obsesi.v5i2.933
Yuliantoro, S. (2023). Pemanfaatan Media Flashcard Berbarcode Untuk Meningkatkan Aktivitas Literasi IPA Siswa SDN Tileng Dagangan. 2(2), 96–101.
Article Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Cindy Febrianti Puspitasari Aldha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: