Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Monopoli Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71372
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R. K., Sulaiman, R., & Rochmating, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4048-4055.
Arafu, R. L., A. R., Astiani, A., & Qothrunnada, N. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, JET: Journal of Education and Technology, 1(3), 1-9.
Artha Margiathi, S., Lerian, O., wulandari, R., Putri, N. D., Musyadad, V.F., Pgmi, R., & santang, I. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar terhadap hasil Belajar Siswa. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 63.
Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience, 9(2), 388-394.
Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656-671.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249.
Handayani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI The Noor Bendunganjati Pacet Mojokerto. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(2), 100–107.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Perana Manajemen Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981-990.
M, St. M. (2024). Inovasi Pembelajaran Matematika Dengan Problem Based Leaarning di Era 5.0. Surabaya: Dewa Publishing.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8, 10-19.
Purnamasari, A. N. Q. V., & Subekti, E. E. (2025). Analisis Pembelajaran Praktik Matematika Bangun Ruang Terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar Phatnawitya Yala. 9–20.
Rahmawati, J. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Motivasi Belajar Terhadap Retensi Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. 37–41.
Rochmana, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Benda Dan Sifatnya: Studi pada Siswa Kelas V MI Gebanganom Semarang Timur Kota Semarang. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91-106.
Sakundari, K. I., & Rizki, H. Y. (2024). Keefktifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Barbantuan Monopoli terhadap Kemampuan Berhitung dan Kolaborasi Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Basicedu, 8(1), 601-614.
Septian, R. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cedikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 199-204.
Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115-120.
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-hari dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1-10.
Usman., Ilmi, N., & Anugrah, I. S. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan hasil Belajar Kelas V SDN 36 Parepare. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 6(1), 29-39.
Wahyudi, U. M. W., Wibawanto, H., & hardyanto, W. (2017).
Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented reality untuk Desain Interior dan Eksterior. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 39-48.
Article Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Aulia Putri, Nurul Mukhlisa, Usman Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: