Pengembangan Media Interaktif Smart Apps Creator Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Matematika SD

Anisa Salwa(1*), Eka Titi Andaryani(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71219

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan dan efektifitas media interaktif Smart Apps Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Payung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) model Borg and Gall, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 02 Payung. Teknik pengumpulan data teknik tes (soal Pretest dan Posttest) dan teknik non tes (observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji N-gain. Validasi dari ahli materi dan media sebesar 90% dan 94% (kriteria sangat layak). Hasil angket respon guru 98,07% dan respon siswa 96,32% (kriteria sangat layak). Efektivitas dilihat dari hasil Pretest dan Posttest terjadi peningkatan sebesar 32.66%. Hasil uji-t (Paired Sample t-test) menunjukkan hasil 0,001 < 0,005 sehingga Ha diterima. Hasil uji N-gain 0,72 dengan kriteria tinggi. Sehingga, media interaktif Smart Apps Creator berhasil dikembangkan, sangat layak, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN 02 Payung.


Keywords


Hasil Belajar; Media Interaktif; Smart Apps Creator

Full Text:

PDF

References


Anggadinata, C. J., & Simbolon, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Di Kelas IV SD Methodist 9 Medan Perjuangan T.A. 2023/2024. IJET:Indonesian Journal of Techniques and Education Techniques, 01(01), 16–21.

Azara, P. C., & Faturrahman, M. (2025). Pengembangan Media KEBAYA Berbasis Android Untuk Mening- katkan Hasil Belajar Muatan IPAS Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 113–121.

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/ khatulistiwa.v4i1.2702

Desramaza, A., Sufri, & Pasaribu, F. T. (2023). Desain Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 59–72.

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, A. M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Elviana, D., & Julianto, J. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(04), 746–760.

Farhaini, N. (2023). Pandangan Filsafat Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.

Ghani, S., Islam, U., Salatiga, N., Indonesia, J. T., Islam, U., Salatiga, N., & Indonesia, J. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Smart Apps Creator Berbasis Android Pada Mata Pelajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 300–313.

Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan Pendidikan Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar. Journal on Education, 5(2), 2257–2265. https://doi.org/10.31004/ joe.v5i2.878

Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib. v14i2.1317

Lestari, E., & Hidayati, S. N. (2023). Bahan Ajar Berbantuan Smart Apps Creator Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan, 11(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/53707%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/53707/45166

Maharani, S., Erdiana, L., & Nurhayati, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. 8(2), 480–488.

Misselya Nora, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Maya (Macam-Macam Gaya) Berbasis E-Card Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 403–413.

Muhammadiyah Buton, U., Fatimah, N., & Rosmitha Sari, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga. Penuh Asa Jurnal Mahasiswa 362–369. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.

php/penuhasahttps://doi.org/10.35326/penuhasa.v8i4.3746

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182–187. https://doi.org/ 10.51169/ ideguru.v9i1.746

Nisa, A. W., & Andaryani, E. T. (2023). Peran Dan Manfaat Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Jenjang Sekolah Dasar. Simpati: Jurnal Penelitian, 1(4). https://jurnal.alimspublishing. co.id/index.php/simpati/article/view/441

Profithasari, N., Hermawan, J. S., Rizqi, Y. F., Luthvi Azizah, A., Destiani, D., Destini, F., & Loliyana, L. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.23960/jpmip. v2i1.226

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia : Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. 2(2), 93–109.

Sari, L. P., & Erita, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6832–6844.

Sholihah, L. L., & Hidayati, S. N. (2023). Penerapan Media Smart Apps Creator Dalam Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 116–122. https://doi.org/10.29100/.v5i2. 4204

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bndung : Alfabeta

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Syadida, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(1), 17–26. https:// doi.org/10.58737/jpled.v2i1.31

Widyanti, A., & Putra, G. M. C. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu un- tuk Peningkatan Hasil Belajar IPAS SD. 9, 167–177.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Anisa Salwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya