Efektivitas Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Metode Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS

Kamila Arodatus Syuroiya(1*), F. Shoufika Hilyana(2), Khamdun Khamdun(3),

(1) Muria Kudus University
(2) Muria Kudus University
(3) Muria Kudus University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.71041

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan media bingo dalam membantu siswa kelas empat mengalami peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuantitatif, yaitu pretes-postes satu kelompok. Populasi penelitian terdiri dari 19 siswa kelas IV dengan 11 siswi perempuan dan 8 siswa laki-laki, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dievaluasi dengan uji-t. berdasarkan penemuan dari peneliti, penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan media bingo dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Temuan menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah -23.066, dengan nilai sig. 0,000. Nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 yang mana lebih kecil dari kriteria signifikansi 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak. Uji Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,5889 atau 59%. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan media bingo dapat meningkatkan hasil belajar. Model STAD dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Bingo; Hasil belajar; IPAS; Model STAD.

Full Text:

PDF

References


Adrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F. R., & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Matematika.

Afdoli, N. S., Madjdi, A. H., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Game Edukasi Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4743–4750. https://doi.org/10.54371/jiip. v6i7.1896

Akhmad, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif.

Aini, I. N., Widyawati, Z. H., Shofiana, A. M., Wulandari, F. N., Nabilah, & Hilyana, F. S. (2024). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Anan, K., Kanzunnudin, M., & Khamdun. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Number Head Together Berbantuan Media Pohon Pintar Tema 7 Kelas Iv Sdn Margorejo 01 Pati. Progres Pendidikan, 1(3), 236–242. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.28

Arikunto (2020). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, D., Rondli, W. S., & Hilyana, F. S. (2022). Strategi Guru Dalam Menguatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Klumpit Pada Pembelajaran Ipa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 62–74. https://doi.org/10.36989/ didaktik. v8i1.262

Awaliah, P. D., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Bingo Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Azara, P. C., & Faturrohman, M. (2025). Pengembangan Media KEBAYA Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2.

Aziza, D. Z., Khamdun, & Kironoratri, L. (2023). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Media Papinka Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Pati Wetan 03. 08.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi. org/10.31932/jpimat.v1i1. 408

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://siista.undhirabali.ac.id/pustaka/opac/info/7948?judul=Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10&isbn=979-704-015-1&penulis=Imam Ghozali

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.

Kurniawan, A., Febrianti, A. N., Hardianti, T., Ichsan, Desy, Risan, R., . . . Hasyim, F. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Lestari, F. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. c

Lutfiana, A. A., Khamdun, & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Bolnet terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati. 1(1).

Maharani, S., Erdiana, L., & Nurhayati, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Nafsiyah, A., Zulfiyah, R. I., Ummah, A. K., & Hilyana, F. S. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 291–308.

https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1337

Nurfidiatun. (2020). Penerapan Model Active Learning Tipe Permainan Bingo Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MI Al-Markaz Al-Islami Maros. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi. v0i0.439


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kamila Arodatus Syuroiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya