Pengembangan Media Kartu Unoya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 1 Gumelar

Sekar Dita Fitria(1*), Galih Mahardika Christian Putra(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i2.70869

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menilai efektivitas media pembelajaran Kartu Unoya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, T-test, dan N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu Unoya layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media (88%) dan ahli materi (95%). Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain kelompok kecil sebesar 0,5931 dan kelompok besar sebesar 0,5837, keduanya dalam kriteria sedang. Hasil uji T-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Unoya efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS.

Keywords


Hasil Belajar; IPAS; Kartu Uno; Media Pembelajaran; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Education Research, 5(1), 807–814.

Ananda, F., Dwi Putra, R., & Hendeastyo, V. S. (Sekolah T. I. E. K. (2017). 3) 123. 01(01), 1–10.

Arwitaningsih, R. P., Dewi, B. F., Rhmawati, E. M., & Khuriyah. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 450–468.

Azara, P. C., & Faturrahman, M. (2025). Pengembangan Media KEBAYA Berbasis Android Untuk Mening- katkan Hasil Belajar Muatan IPAS Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 113–121.

Fatirul, N. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, S. A. (2022). Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar. Jurnal All Fields of Science J-LAS, 2(1), 209–217. Retrieved from http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS

Harlin, M. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Kartu UNO pada Materi Satuan Berat di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3027–3038. https://doi.org/10.31004/ cendekia.v7i3.2731

HN, M. F., Madlazim, M., & Supardi, Z. A. I. (2023). Application of Learning Technology in Domino Card Games on a large scale and individually to the responses of senior high school students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i1.273

Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif DiSekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. Retrieved from http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna

Kamalia, L., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sandhangan Swara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10, 1127–1136.

Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik, 18(2), 54–64. https://doi. org/10.17509/md.v18i2.53304

Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46–55. https:// doi.org/10.57251/ped.v2i1.336

Pebymaharani, A., Rohim, D. C., Prasetiyanto, M. A., & Rahmawati, S. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media E-Comic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SD 3 Kalirejo. 21–28.

Prakash Chand, S. (2023). Constructivism in Education: Exploring the Contributions of Piaget, Vygotsky, and Bruner. International Journal of Science and Research (IJSR), 12(7), 274–278. https://doi.org/10.21275/ sr23630021800

Purnama, R. (2021). Perancangan Aplikasi Game Petualangan Si Unyil Berbasis Android Menggunakan Metode Finite State Mechine. Jurnal Dunia Ilmu, 1(1), 1–13. Retrieved from http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/10%0Ahttps://duniailmu.org/index.php/repo/article/download/10/7

Purwanti, I. (2024). Pengembangan Media Kanobi (Kartu Uno Biologi) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Materi Sel. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 187–196.

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Syamsudin, & Fitriani, S. L. (2024). Problematika Pembelajaran IPA pada Impelementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. At’Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 95–106.

Syifa Musfiyyah, & Lu’Luil Maknun. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 157–171. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i2.5497

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam PengembanganKemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.

Tutriani, N., Apriani, F., & Vebrian, R. (2023). Pengembangan Permainan Kartu Uno pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Positif. Journal on Education, 5(2), 5460–5472. https://doi.org/10.31004/joe. v5i2.1297

Ulfah, Tri Azizah., Wahyuni, Eva Ari., Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961. Retrieved from https://osf.io/qt4mv

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/ joe.v5i2.1074


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sekar Dita Fitria, Galih Mahardika Christian Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya