Pengaruh Media Flipchart Carakan Terhadap Kemampuan Membaca dan Motivasi Belajar Aksara Jawa Kelas V
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 1Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i1.70675
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca aksara jawa dan motivasi belajar yang signifikan antara penerapan media Flipcard Carakan dengan menggunakan media konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif Quasi eksperimen, dengan pendekatan posttest-only group design. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan membaca aksara jawa dan motivasi belajar yang signifikan pada penggunaan media flipcard carakan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil perhitungan uji-t (sig-2tailed) adalah 0,42 untuk kemampuan membaca aksara jawa dan 0,03 untuk motivasi belajar. Untuk nillai rata-rata hasil survei angket motivasi belajar kelas kontor mendapatkan nilai 75,00 dan kelas eksperimen 82,59 artinya kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi. Pada nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca aksara jawa kelas kontrol adalah 64,00 dengan taraf ketuntasan 42% sedangkan untuk kelas eksperimen 74,29 dengan ketuntasan 77,7%. Media flipcard carakan terbukti berpengaruh positif dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca aksara jawa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizeh, S. N. (2021). Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 88–114.
Elza, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajan 3 Kelas V Di SDI Al-Munawwar Tulungagung. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 5(2), 1–10. https://doi.org/10.31851/scholastica.v5i2.12692
Endang Titik Lestari. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.
Gubernur Jawa Tengah. (2014). Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 55 Tahun 2014 Tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa Bab 1 Pasal 1 Ayat 14. In Pergubjateng.
Haedar, M., & Torro, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Articulate Storyline terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 8(3), 593–598.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Khoiril Hidayah, Naila Alfa Khusna, Ulfa Alfia, & Muhammad Fikri Abdun Nasir. (2023). Adaptasi Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 124–136. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.61
Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mi. Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah.
Maulana, M. I. (2024). Menurunnya Minat Tulisan Aksara Jawa di Lingkup Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2), 62–76. https://doi.org/10.31258/hjps.3.2.62-76
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (p. 112).
Nafilah, L., Wibowo, S., & Dewi, G. K. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Autis Di SDN Lemah Putro 1. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 8(3), 497–505.
Nasihah, A. D., Prabowo, D. S., Hidayat, M. W., Abdurrahman, U. I. N. K. H., Pekalongan, W., & Salatiga, U. I. N. (2025). PENGARUH MEDIA KAPIJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KATA BERAKSARA JAWA SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Diwangkara, 4(2), 57–66.
Putri, A. K., & Sukasih, S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Rimba Raja Terhadap Kemampuan Membaca dan Motivasi Belajar Aksara Jawa Kelas IV SDN Jatisari. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 584–597.
Sardiman A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar (ed. 1, Cet.). Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). ALVABETA.
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyuni, A. P., Anjani Purba, A. R., & Rangkuti, H. F. (2022). Peran Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 13. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10316
Wiranti, D. A., Fardani, M. A., & Rohmah, F. (2024). Pembelajaran Aksara Jawa Dilihat Dari Teori Belajar Piaget ( Studi Kasus Sekolah Dasar Di Kabupaten Kudus ). Jurnal Prakarsa Paedagogia, 7(1), 184–191.
Article Metrics
Abstract view : 108 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Atika Luthfiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: