Pengembangan Model Pembelajaran Antikorupsi Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pelatihan Dasar CPNS
(1) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i1.70374
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran antikorupsi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan melalui kajian kepustakaan dan survey pendahuluan; tahapan pengembangan dengan menyusun draft model, ujicoba terbatas, ujicoba lebih luas, dan finalisasi model; dan tahap pengujian/validasi model. Hasil penelitian adalah Pertama, kondisi pembelajaran antikorupsi saat ini cukup memadai, mulai dari dukungan fasilitator dengan latar belakang pendidikan yang berstandar, termasuk dukungan sarana dan prasarana pendidikan, sumber/media pembelajaran yang dapat dioptimalkan dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Kedua, model PMPA-BKPM yang dikembangkan dalam penelitian ini, mulai dari tahapan desain, implementasi, dan evaluasi, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran antikorupsi. Ketiga, hasil uji model menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan model PMPA-BKPM dalam proses pembelajaran. Keempat, karakteristik model PMPA-BKPM terletak pada pemecahan masalah sebagai kegiatan pembelajarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I. (2000). Metodologi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Andira.
Arthur, L.B. (2018). Problem Solving. U.S.: Wikimedia Foundation, Inc. Tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Problem_Solving. [23 Januari 2021]
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Instroduction. New York: Longman
Dahar, W. R. (1988). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan LPTK.
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.
Doll, R.C. (2004). Curriculum Improvement Decision Making and Process Third Edition.
Boston London Sydney: Allyn and Bacon, Inc.
Gagne, R.M., Briggs, LJ & Wager, W.W. (1992). Principles of Instructional; Design (4nd ed). Orlando: Holt, Rinehart & Winstone, inc.
Hamalik, O. (2007). Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. Hakim Lukman. (2012). Model Integrasi Pendidikan Antikorupsi dalam Kurikulum
Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta`lim.Vo.10 No.2 Tahun 2012. [online].Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/04_Model_Integrasi_Pendidikan
_Anti_Korupsi-Lukman_Hakim.pdf
Holish Muftie. (2018). Model Pembelajaran Antikorupsi dan Demokrasi di Lingkungan Kampus (Studi di Universitas Negeri Semarang). Semdikar-2 Prosiding. ISSN:2598-6139 Tanggal 4 Agustus 2018. [online].Tersedia: http://conference. unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/viewFile/79/62
Hudojo, H. (1998). Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di PPS IKIP Malang, 4 Maret.
Humas Menpan RB. (2024). Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa". Berita Menpanrb. 25 Oktober 2024. [online]. Tersedia: https://www.menpan.go.id/ site/berita-terkini/presiden-jokowi-luncurkan-berakhlak-untuk-percepatan-transformasi-asn
Joice dan Weil. (2009). Models of Teaching Model-Model Pengajaran. Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khalid, Azeem. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2 No. 5; March 2012. [online]. Tersedia: http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_ No_5_March_2012/21.pdf
Mardhinata Cahya. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Terintegrasi Nilai Antikorupsi. Inspirasi Jurnal Imu-Ilm Sosial, Vo.17. No.1, 2020 [online]. Tersedia: http://jurnal.stkippgritulungagung. ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1569/715
Muis. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Istiqra` Vol.1 No.1 Sep 2013. [online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc= s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiZwqfAgYP2AhUbS2wGHaZFDSQQFnoEC BwQAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umpar.ac.id%2Findex.php%2Fistiqra%2F article%2Fdownload%2F199%2F172&usg=AOvVaw3sKFTSba4fGNnwFFCMa_F 6
Nayef, Yaacob and Ismail. (2013).Taxonomies of Educational Objective Domain International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences September 2013, Vol. 3, No. 9 ISSN: 2222-6990. [online]. Tersedia: https:// hrmars.com/papers_submitted/199/Taxonomies_of_Educational_Objective_Domai n.pdf
Oliva, P.F. (1992). Developoing the Curriculum. NewYork: Harper Collins Publ.
Polya, G. (1985). How to Solve it. A new aspect of mathematics method (2nd ed).
Princeton, New Jerey: Princeton University Press.
Sakinah, Bakhtiar. (2019). Model Pendidikan Antiorupsi di Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generssi yang Bersih dan Berintegritas Sejak Dini. El-Ibtidaiy Journal of Primary Education. Vol. 2. No. 1 Tahun 2019. [onine]. Tersedia: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/view/7689
Shalaway, L. (2005). Learning to Teach (3rd edition). New York: Scholastic Inc.
Shapiro, S. (2000). Thinking About Mathematics The Philosophy of Mathematics. New York: Oxford University Press Inc.
Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana UPI dan Remaja Rosdakarya.
Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi
Nomor: 20 Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Values Dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara
Taufik, M. (2010). Model Pembelajaran Untuk Meningkatlkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi Doktor pada SPs UPI: tidak diterbitkan.
Trisnawati, Sundari. (2020). Efektivitas Model Problem Based Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Antikorupsi. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9. No.2 Tahun 2020. [online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view
/mv9n2_03
Tim Penulis Komisi Pemberantasan Korupsi. (2014). Antikorupsi Modul Pemdidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan I/II dan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Tyler, R.W. (1949). Based Principles of Curriculum and Instruction. Chicago and London: The University of Chicago Press.
Unesco. (1996). Learning: The Trausure Within. Paris: Unesco.
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Budiman Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: