Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Duheriani Duheriani(1*), Hilda Putri Anggraini(2), Karmila Karmila(3), Khoirul Rodzikin(4), Suratmi Suratmi(5),

(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Srwijaya
(4) UNSRI
(5) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i1.68632

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pendidikan pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan metodologi tindakan kelas dengan menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan tes.[1] PTK dilakukan dalam 2 siklus pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar naik pada siklus I sebesar 57% [2] menjadi 87% setelah siklus II. Selain itu hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I yakni 79,833 siklus II menjadi 83,66 sehingga studi penelitian ini mendaptkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD melalui Model PBL berbantuan media konkret pada pada pembelajaran pendidikan pancasila.


Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media konkret.

Full Text:

PDF

References


’Adawiyyah, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9026–9033.

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5400/2795

Ardiansyah, R., Lutfiana, R. F., & Suita, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Dengan Media Konkret Materi Bangun Datar Kelas 1 A SDN Tlogomas 2. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12041–12051.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR).

Bahar, H. M. A., Septiana, I., & Sudadi. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret pada Peserta Didik Kelas III S


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Duheriani Duheriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya