Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Partisipasi Belajar Siswa

Latri Aras(1*), Wa Ode Rahmah Khairunnisa(2),

(1) PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.68477

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap partisipasi belajar siswa kelas III UPT SPF SDN Tidung dalam mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian pada tahap pra observasi menunjukkan rata-rata persentase 34,8%, pada siklus I menunjukan rata-rata persentase 41,55%, pada siklus terdapat peningkatan yang signifikan dan sudah mencapai kriteria ketentuan maksimal terhadap partisipasi belajar siswa dengan rata-rata persentase 72,45%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas III UPT SPF SDN Tidung.


Keywords


: Teams Games Tournament (TGT); Partisipasi; Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajri, Zaenol. 2018. “Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013.” Pedagogik 05(01):100–108.

Gora, Winastwan, &. Sunarto. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. 1 ed. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Haerullah, Ade, dan Said Hasan. 2021. PTK & INOVASI GURU. diedit oleh E. Purnomo dan H. Pasongli. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hennebry, Mairin Laura. 2017. “Cooperative learning on an international masters.” Higher Education Research & Development 37(2):270–84. doi: 10.1080/07294360.2017.1359150.

Iskandar. 2017. “Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII E dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri & Pujut Lombok Tengah Tahun pelajaran 2015/2016.” JUPE 2(2):50.

Kasipahu, Mechi karima, dan Hastri Rosiyanti. 2024. “Meningkatkan Partisipasi Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team games Tournament) pada Peserta Didik Kelas 4 SD Lab School FIP UMJ.” SEMNASFIP.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Parhusip, Gristi Damaiyanti, Yosep Dwi Kristanto, dan Partini. 2023. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT).” JIMP 11(2):293–306. doi: 10.25273/jipm.v11i2.13816.

Slavin, Robert. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Teranikha, Elma, Siti Fatonah, dan Susilo Adi Saputro. 2024. “Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika.” JIEPP 4(1):24–29.

Zulfikar, Muhammad Luqman, dan Dian Budiana. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa.” Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 2(2):86–91. doi: 10.17509/tegar.v2i2.15080.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Latri Aras, Wa Ode Rahmah Khairunnisa, Wa Ode Rahmah Khairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya