Efektivitas Media Sparkol Videoscribe dalam Pembelajaran berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(4) UNM
(5) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.68400
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dalam pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup untuk siswa kelas IV di SDN 20 Panjallingan, Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif, yang di latarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah dan media gambar statis. Siswa cenderung bermain selama pembelajaran berlangsung, dan penggunaan video pembelajaran dari YouTube oleh guru sering kali tidak efektif karena pemotongan dan penyambungan video yang tidak tepat, khususnya dalam Pendidikan Lingkungan Hidup. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data dikumpulkan melalui instrumen penilaian yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai validitas produk, serta angket respon dari guru dan siswa untuk menilai kelayakan produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid menurut ahli materi dan ahli media. Respon dari guru menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dan respon dari siswa setelah uji coba kelompok kecil dan besar juga menunjukkan bahwa media ini sangat layak. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan menawarkan inovasi dalam pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan antusias dan efektivitas pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Candra Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP, 4(2), 119–125.
Dariyadi, M. W. (2018). Penggunaan Software “Sparkol Videosribe” Se-bagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Ict Moch. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 272–282.
Fajar, S., Yudha, A., Asrul, ), Kamus, Z., Pengajar, S., & Fisika, J. (2016). Pembuatan Bahan Ajar Fisika Ber-basis Video Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Maha-siswa Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang 2). In PILLAR OF PHYSICS EDUCATION (Vol. 8).
Fransisca, I. (2018). Pengembangan Me-dia Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD (Vol. 06).
Habibie, Y. (n.d.). Pengembangan Media Videoscribe Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fantasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Harefa, N. A. J. & E. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. UNPAM Press.
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN.
Hayati, N. A. J. H. & E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. In Angewandte Chemie Internation-al Edition, 6(11), 951–952.
Istanti, N. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Vide-oscribe Berbasis CTL Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Tam-bangan 01 Semarang. Universitas Negeri Semarang
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi, ). (n.d.). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK 1).
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi, ). (2019). Aplikasi Media Pembelaja-ran Fisika Berbasis Sparkol Vide-oscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65–72.
Kholidin. (2017a). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Pro-gram Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal In-stitusi, 06(12), 21.
Kholidin. (2017b). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Pro-gram Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal In-stitusi, 06(12), 21.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communi-cation. Iqra: Jurnal Ilmu Kepen-didikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Re-search and Development).
Sahabuddin, E. S., Studi, P., Matematika, P., Makassar, S., Studi, P., Sekolah, P., Pendidikan, F. I., & Makassar, U. N. (2021). Penggunaan Media Puzzel Bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM Parepare 1. 11.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks Per-mata Pri Media.
Sri Lestari, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis Video Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1).
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip ap-likatif, dan perancangannya. In Me-dia Pembelajaran.
Wahyuningsih, T. O., & Susanti. (2016). Pengembangan Media Pembelaja-ran Video Sebagai Bahan Pengamat
an Berbasis Animasi. 1–6.
Yenny, dan L. (2017). Pemanfaatan Me-dia Videoscribe-Sparkol Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Guru dan Peserta Didik. 302–313.
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Erma Suryani Sahabuddin, Ahmad Syawaluddin, Ahmad Syawaluddin, Muh Rizah Putrawan, Muh Rizah Putrawan, Andi Afrina Ramadani Hatta3 Afrina Ramadani Hatta, Andi Afrina Ramadani Hatta3 Afrina Ramadani Hatta, Rifqi Yudhistira, Rifqi Yudhistira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: