Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Pro-gram Paket B DI SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar
(1) universitas nnegeri makassar
(2) universitas nnegeri makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.67985
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menganalisis tentang implementasi Model Pembelajaran Inkuiri di SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik paket B kelas VII yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai persentase aktivitas pendidik pada pelaksanaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA berada pada kategori sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri. Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ahadi, G. D., & Zain, N. 2023. The Simulation Study of Normality Test Using Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling, and Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Jurnal, Vol. 6 (1): 11–19.
Al Tabani, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Anis, H. (2022). Langkah Langkah Model Pembelajaran Inkuiri. Hermananis.Com. (Online) https://hermananis.com/langkah-langkah-model-pembelajaran-inkuiri/ (diakses, 7 Juli 2023).
Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran. Journal of Islamic Education, Vol.6 (1): 19–32.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. 2020. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, Vol.1 (1): 388–395.
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. 2020. Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, Vol.1 (2): 58–64.
Dewanti, E. N., Erviana, L., & Aristya, F. 2023. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Menggunakan Media Miniatur. Scholarly Journal of Elementary School, Vol. 3 (1): 22–27.
Dharmanto, A., Setyawati, N. W., & PG, D. S. W. 2022. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas Pelayanan Publik Pada Pengguna Trans Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 2 (11): 3579–3590.
Djonomiarjo, T. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 5 (1): 39–46.
Dwi Tisa Haspen, C., & Festiyed. 2019. Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 5 (2): 180–187.
Fitri, M., Chaerul, A., & Syahid, A. 2023. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Paket C PKBM Kaliber. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 7 (1): 31–35.
Hardianto, & M., B. 2019. Efektifitas penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, Vol. 2 (1): 27–33.
Helmi, J. 2016. Penerapan Konsep Silberman dakam Metode Ceramah pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan, Vol. 8 (2): 221–245.
Hermawati, R., & Suganjar, S. 2020. Analisis Pengaruh Motivasi, Kompensasi, dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Anak Buah Kapal Deck Departement Melalui Variabel Intervening Kepuasan Kerja. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, Vol. 18 (1): 1–13.
Herry, I. P., Andika, W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol. 7 (1): 91–103.
Husain, R. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C. Disertasi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, & Amir Reza Kusuma. 2022. Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, Vol. 2 (9): 3507–3514.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. 2017. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 11 (2): 69–75.
Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. 2017. Pengembangan Instrumen Tes dan Non Tes Dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 Di SMP/MTS Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan, Vol.1 (2): 503–506.
Jaya, I. M. L. M. J. 2020. Metode Penelitian Kuatitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. 2020. Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10 (2): 103–111.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, Vol. 1 (2): 20–29.
Kanaidi. 2007. Interval adalah selisih antara nilai indeks maksimum dengan nilai indeks minimum. Thesis. Bandung: Universitas Padjadjaran. (Online) https://borobudur-training.com/ken-1.html
Lasmini, N. W. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura. Kreatif Tadulaki, Vol. 4 (4): 329–342.
Mustamin, S. H. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Asesmen Kinerja. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Vol. 13 (1): 33–43.
Nuryanti, R. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, Vol. 20 (1): 40–51.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema Jurnal, Vol. 3 (1): 56–65.
Parmiti, D. P., & Arnawa, I. K. T. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, Vol. 1 (2): 108–121.
Permatasari, K. G. 2021. Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, Vol. 17 (1): 68–84.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. 2021. Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 9 (1): 109–120.
Prasetyo, F., & Kristin, F. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7 (1): 13–27.
Purwansa, S. W., Wardhana, A., Renggo, Y. R., Kabubu, H. A., & Darwis. (2020). Metodologi Penelitian Kantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. A. Munandar (ed.). Bandung: Media Sains Indonesia.
Puspitasari, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Bogor: Guepedia.
Putera, Z. F., Shofiah, N., & Widiowati, T. 2023. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pemilihan Topik Tulisan Akademik. Jurnal Bahasa,Seni, dan Pengajaran, Vol. 18 (01): 11–25.
Rati, D., Suryanef, & Montessori, M. 2019. Pelaksanaan Penilaian Formatif dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 2 Lengayang. Journal of Civic Education, Vol. 2 (1): 106–115.
Rindiasari, P., Hidayat, W., & Yuliani, W. 2021. Uji Validitas dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan, Vol. 4 (5): 367–372.
Setianingsih, S. T., & Nelmiawati. 2020. Penyerapan Informasi Masyarakat Terhadap Media Informasi Dinas Kominfo Kota Batam Studi Kasus Pembuatan Kartu Pencari Kerja Online. Journal of Applied Multimedia and Networking, Vol. 4 (1): 1–9.
Setiawati, G. A. D. 2013. Pemanfaatan Subak Dalam Pembelajaran IPA (Upaya Mewujudkan Pembelajaran IPA Yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Jurnal Undiksha: 199–206.
Sigalingging, D., Sembiring, R. K., Sitepu, A., & Silaban, P. J. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV di Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), Vol. 6 (3): 749–766.
Sihwinedar, R. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) pada Siswa Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran, Vol. 4 (4):138–148.
Siregar, S. (2013). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan SPSS. Jakarta: Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pemilihan_Kuantitatif/IjTMDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Siti, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3 (1): 73–82.
Suhaenah, E. 2016. Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di SKB Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (e-Plus), Vol. 1 (1): 88–97.
Tawfiq Abu-Hamdan, D. T., & Rasheed Khader, D. F. 2014. Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. Jurnal of Education and Practice, Vol. 5 (29) : 43–51.
Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017d. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahida, M., Margunayasa, I. G., & Gunartha, I. W. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 9 (2): 274–285.
Wibowo, A., Sendratari, L. P., & Wirawan, I. G. A. S. 2019. Pola Pembelajaran dan Kendalanya Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. Journal Pendidikan Sosiologi, Vol. 1 (1): 33–43.
Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.
Wulanningsih, S., Adi, B. P., & Maya, R. p. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Pendidikan Biologi, Vol. 4 (2): 33–43.
Yulianingsih, U., & Hadisaputro, S. 2013. Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Chemistry in Education, Vol. 2 (2): 149–155.
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group
Article Metrics
Abstract view : 21 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 rudi amir, rudi amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: