Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Rosmalah Rosmalah(1*), Sitti Rahmi(2), Sitti Rahmi(3),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.67857

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan pengambilan sampel keseluruhan populasi yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 179 Samaenre yang berjumlah sebanyak 18 Siswa. Pengumpulan yaitu berupa angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone.

Keywords


problem posing, keaktifan belajar, IPS

Full Text:

PDF

References


Fahyuni, Eni Fariyatul, MBUB Arifin, and Dwi Nastiti. 2019. “Development Textbook With Problem Posing Method To Improve Self Regulated Learning and Understanding Concept.” Jurnal Pendidikan Sains (Jps) 7(1):88–92.

Fatimah, Fatimah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika 2(1):14–16.

Juano, Asterius, and Pardjono Pardjono. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD.” Jurnal Prima Edukasia 4(1):46–53.

Mahmudi, Ali. 2007. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Problem Posing.” PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika 3(1).

Nurmala, Noni. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 2 Fajar Mataram.”

Pratiwi, Nur Inda, Ahmad Syawaluddin, and Haspiah. 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar.

Solissa, Welmi, Samuel Patra Ritiauw, and Nathalia Y. Johannes. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.

Wahab. 2008. Metode Dan Model-Model Pengajaran. Alfabeta. Bandung. Wati, Nandar, Kurnia. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial SD. CV. Habsa Jaya. Jakarta.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta. . 2010. Materi Pembelajaran IPS SD. Universitas Terbuka : Jakarta.

Wisudawati, dkk. 2014. Model, Strategi, Metode, dan Tekhnik Pembelajaran. Bumi aksara. jakarta

Yamin, H. Martinis. 2022. Paradigma Baru Pembelajaran (Pendekatan Psikologi): Edisi Revisi. CV. DOTPLUS Publisher.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosmalah Rosmalah, Sitti Rahmi, Sitti Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya