ANALISIS PEMBELAJARAN PRAKTIK MATEMATIKA BANGUN RUANG TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PHATNAWITYA YALA THAILAND
(1) UNIV. PGRI Semarang
(2) UNIV. PGRI Semarang
(3) UNIV PGRI Semarang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v9i1.65901
Abstract
Abstrak: Penelitian ini ingin mengetahui seberapa efektif Metode Pembelajaran Praktik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kegiatan belajar mengajar, tes tertulis untuk mengukur kompetensi matematika siswa, akan dilakukan tes tertulis, dan untuk mengetahui pemahaman konsep, akan diberikan angket. Penelitian ini dirancang dalam bentuk studi kasus dengan dua siklus, masing-masing dengan durasi satu pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi yang diterapkan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa. Hasil yang sangat membanggakan terlihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM. Pada akhir siklus pertama, persentase ini sudah mencapai 70,97%, dan terus meningkat menjadi 80,65% pada akhir siklus kedua. Peningkatan minat belajar dan prestasi siswa dalam Matematika sebesar hampir 30% membuktikan keberhasilan penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dan Praktik
Abstract: The goal of this research is to measure the degree to which the Practical Learning Method can enhance students' engagement in mathematics and their mastery of mathematical concepts. Research data was collected through observation of teaching and learning activities, written tests to measure students' mathematical skills, and questionnaires to evaluate students' comprehension of the taught material. The study consisted of two cycles, each with a single session. The results show a significant improvements in both the teaching and learning processes, leading to increased student achievement. The number of students achieving the minimum passing grade rose steadily from 15 to 22 in the first cycle and then to 25 in the second cycle. The conclusion of this study is that the application of the Contextual and Practical Learning Model is proven to increase around 30% of students' interest and the results of mathematics instruction for fifth-grade students at Phatnawitya Yala Elementary School, Thailand
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26-32.
Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group.
Prasetyo, E. d. (2022). Implementasi Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMKN 2 Tanah Grogot. Makassar: Profesi Kependidikan.
Nurazila., d. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran TIK di SMAN 1 Kapur IX. Sumatera Barat: Sinov Publikasi.
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh metode pembelajaran praktik terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas IV sekolah dasar. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(2), 1-18.
Fatimah, C. (2020). Metode Praktik dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Budi Daya Tanaman Obat. . Aceh: Jurnal Al-Azkiya.
Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 62-68.
Purnamasari, V. (2016). Penerapan Model CPS (Creative Problem Solving) terhadap self concept dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas V. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 56-64.
Nahdi, D. S. (2020). Pre-service teacher's ability in solving mathematics problem viewed from numeracy literacy skills. ilkogretim Online, 19(4).
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subekti, E. E. (2011). Menumbuh kembangkan berpikir logis dan sikap positif terhadap matematika melalui pendekatan matematika realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1).
Hadis, A. &. (2018). Developing science process skill based learning in science for children with special needs course. Journal of Physics: Conference Series.
Sujanto, A. (2013). Psikologi Umum. Cet.
Safari, M. (2021). Psikologi pendidikan anak usia dini. Dotplus Publisher.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. . Bumi Aksara.
Husaini, U. (2009). Manajemen Teori. Praktik, Dan Riset Pendidikan.
Azmi, M. K. (2016). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94.
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Naili Qurrotil Ayuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: