Pengembangan Media DOCAR (Domino’s Card) Pada Mata pelajaran matematika Di Kelas 2 SD

Dita Maulidia Pertiwi(1*), Satrio Wibowo(2), Galuh Kartika Dewi(3),

(1) Universitas PGRI Delta Sidoarjo
(2) Universitas PGRI Delta Sidoarjo
(3) Universitas PGRI Delta Sidoarjo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.64862

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan media pembalajaran DOCAR (Domino’s Card) pada mata pelajaran matematika di kelas 2 SD untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media. Penelitian dan pengembanagan ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Dengan 5 tahapan yakni analyze, design, development, implementation, evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangpuri 2 Wonoayu. Pengembangan media DOCAR (Domino’s Card) ini divalidasi oleh duavalidator ahli, yaitu ahli media dan ahli materi skor rata rata dari para ahli sebesar 96,5% artinya media DOCAR (Domino’s Card) sangat layak digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Setelah diterapkan pada siswa kelas 2 SDN Karangpuri 2 Wonoayu diperoleh skor rerata post test (92)lebih tinggi dibanding pre test (52) sehingga memberikan nilai N-Gain 65 dikategorikan pada kriteria “sedang". Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran DOCAR (Domino’s Card)yang dikembangkan dalam penelitian terbukti sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Angga, C. S. (2022, 05 16). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di. Retrieved from Jurnal Basicedu, 6(4), Art. 4: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Dewi, G. K. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar .

Madjid, R. A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO SI JUARA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNANETRA DI MTSLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Journal Student UNY .

Priyatna, E. (2023, maret 01). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Materi Operasi Hitung Kabataku Bilangan Cacah. Retrieved from Jurnal penelitian pendidikan MIPA: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1856

Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. bandung: remaja rosdakarya.

Qolbiah,G.(2022).PENGEMBANGANMEDIAPEMBELAJARANSCRAPBOOKTEMA CITA-CITAKU SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 1. Jurnal Ilmiah PGSD .

Sandra, A. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar .

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suryani, S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, S. (2022). Pengembangan Media Bingo Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Pamotan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) .

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. malang: UMM Press.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dita Maulidia Pertiwi, Satrio Wibowo, Satrio Wibowo, Galuh Kartika Dewi, Galuh Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya