Pengaruh Penggunaan Media Articulate Storyline terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Muh. Haedar(1*), Supriadi Torro(2), Patahuddin Patahuddin(3), Najamuddin Najamuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i3.62809

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional. (2) perbedaan hasil belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional. (3) perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang menggunakan desain quasi eksperimen . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar sebanyak 65 siswa. Adapun pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada motivasi belajar diperoleh nilai thitung = 0,004 < t tabel = 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar. Pada hasil belajar diperoleh nilai thitung = 0.001 < t tabel = 0.05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar. Pada motivasi dan hasil belajar dengan nilai signifikansi dari hipotesis pertama dan hipotesis kedua 0.004 dan 0.001< 0.05 sehingga h0 ditolak dan H1 diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS antara pembelajaran yang menggunakan media articulate storyline dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar.


Keywords


hasil belajar; media articulate storyline; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal (Vol. 4).

Cahyani Adhetya, Listiana Iin Diah & La-rasati Sari Puteri Deta. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelaja-ran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3, 123-140.

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa SMP Negeri 2 Gantaran Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 6.

Karwono & Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PR Ra-jagrafindo Persada.

Khodijah Nyanyu. 2016. Psikologi Pendi-idkan (3rd.ed.). Depok: PT Ra-jagrafindo Persada.

Miftah, M. (2018). Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Interaktif The Development And Utilization Of Multimedia For Interactive Learning. Jurnal Litbang, XIV(2), 147–156.

Mahmud, N. U. R. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (Ran) Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV B SD Telkom Makassar, 1–8.

Setyaningsih, S., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 20(2), 144–156.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 73-82.

Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan, 4(1), 62–71.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Haedar, Supriadi Torro, Patahuddin Patahuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya