PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i2.61843
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Hake, Richard, R. 1998. Interac-tive-engagement vs traditional methods: A sixthousand-student sur-vey of mechanics test data for intro-ductory physics courses. Am, J. Phys, 64-74
Hamalik, Oemar. (2009) Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Ban-dung: PT Remaja Rosdakarya
Hidayatullah, Priyanto, Rahim, Zaki, Amarullah, M. Akbar. (2011). Ani-masi Pendidikan Menggunakan Flash. Informatika: Bandung
Holzinger, A., Ebner, M. (2003). Interac-tion and Usability of Simulation & Animation: Acase Study of The Flash Technology. Rauterberg
Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Firdausy, B. A., & Prasetyo, Z. K. (2020). Improving scientific literacy through an interactive e-book: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012080
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Iteraktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 1(2018), 298–305. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.
Khasanah, Q. P. A. T. P. dan N. K. (2022). Kelayakan Berbasis Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.
Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179
Mardhatilla, Z. M. (2021). Proceeding of Integrative Science Education Seminar. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1, 441–448.
Mariska, S., & Rahmatina. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 489–501.
Maros, H., & Juniar, S. (2016). 済無No Title No Title No Title. 8(2), 1–23.
Media, P., Sebagai, C., Pembelajaran, M., Statis, L., & Astuti, S. P. (2021). Navigation Physics Jo u r n a l o f P h ys ic s E d u c a t io n. 3(1), 8–15.
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056
Nillofa Ende, A. M., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 193. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118
Phosuwan, A., Sopeerak, S., & Voraroon, S. (2013). Factors Related the Utilization of Instructional Media and Innovation of Nursing Instructors at Boromarajonani College of Nursing, Suphanburi, Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 410–415. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.354
Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 467–474. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-68.pdf
Puspita*, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Sains, L. (2016). KEEFEKTIFAN INTERACTIVE E-BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP Dosen Program Studi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Abstrak.
Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649
Suryanti, S., Widodo, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Scientific Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 56–69. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.13675
Wahyuningsih, S. (2021). Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.
Yara, Y.S. & Taufik, M. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
Article Metrics
Abstract view : 16 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Choiriah Fitri, Erny Roesminingsih, Widiasih Widiasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: