Analisis Kelayakan Worksheet Praktikum IPA Terpadu Berbasis Literasi Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains
(1) universitas Negeri Gorontalo
(2) UNG
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) UPI
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i1.43232
Abstract
Metode Riset ini menggunakan research and development (R&D) Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan Worksheet praktikum IPA Terpadu berbasis literasi lingkungan dan kemampuan proses sains. Parameter kelayakan Worksheet dilihat atas aspek kualitas dan keterbacaan ide pokok. Penilaian pada tes kualitas dengan judgement expert oleh 13 peserta yang ahli. Instrumen validasi kualitas Worksheet menggunakan lembar checklist dan responden keterpahaman ide pokok yaitu siswa kelas VII.. Instrumen yang digunakan merupakan tiga macam pertanyaan dan satu macam pernyataan yang berupa perintah. Hasil penelitian menunjukan hasil rata-rata uji kelayakan Worksheet praktikum IPA yang telah dianalisis menghasilkan nilai kelayakan Worksheet praktikum dengan kategori layak. Jadi Worksheet praktikum IPA terpadu layak digunakan sebagai buku panduan utama taupun sebagai buku suplement dalam pelaksanaan kegiatan praktikum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Intro-duction, Fifth Edition. New York: Longman
Erdogan, M., Kostova, Z., and Marcin-kowski, T. (2009).“Component of Environnmental Literacy in Ele-mentary Science Education Cur-riculum in Bulgaria and Turky”.Eurasia Journal of Math-ematics, Science & Technology Education.5, (1), 15-26.
Febriasari, L.K & Supriatna, N. (2017). Enhance environmental literacy through problem based learning enhance environmental literacy through problem based learning. Journal of Physics: Conference Series, Volume 895, International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) 24 May 2017, Bandung, Indonesia.
Lumbu, Albert dan Panda , M Florentina. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar Dalam Menggunakan Alat Ukur Pada Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 6 Skouw Jayapura. Jurnal Pengabdian Papua. Vol 2 No 2. Halaman: 39–42
Riduwan. 2012. Skala pengukuran vari-abel-variabel penelitian. Bandung: ALFABETA
Rankin, E.F. & Culhane, J.W. (1969). Comparable Cloze and Multi-pleChoice Comprehension test Scores. Journal Of Reading. 13( 3), 193-198.
Sinaga, P. (2014). Pengembangan Pro-gram Perkuliahan Fisika Sekolah III Untuk Meningkatkan Kompe-tensi Menulis Materi Ajar Calon Guru Menggunakan Multi Modus Representasi. Desertasi, Universi-tas Pendidikan Indonesia, 2014, Tidak diterbitkan.
Sinaga, P., Suhandi, A. , dan Liliasari. (2015). The effectiveness of scafolding design in training writ-ing sklill physics teaching materials. International journal of instruction Vol. 8 no. 1 hlm. 9
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulusoy, M. (2006). Readibility Ap-proaches: Implications for Turkey. International Education Journal, 7(3). 323-332.
Article Metrics
Abstract view : 143 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurhayati Nurhayati, Munawwarah M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: