Penerapan Metode Bermain Kartu Bergambar dalam Meningkatan Karakter dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kota Makassar

supriadi supriadi(1*),

(1) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.38859

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan metode kartu bergambar dalam meningkatkan karakter dan kemampuan membaca permulaan Siswa  di Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian adalah Lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapana metode bermain kartu kata dalam meningkatkan karakter dan membaca permualaan siswa di kota makassar dapat meningkatkan karakter dan kemapuan membaca permulaan siswa hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh pada siklus II  dimana nilai  karakter yaitu 94,11 % dan kemampuan membaca prmulaan mengalami peningkatan dengan jumlah rata-rata nilai yaitu 94,11%.


Keywords


bermain kartu bergambar, karakter, membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus 2012 Pembelajaran Membaca Berbasis pendidikan karakter. Bandung : Refika Aditama

Ampuni, Sutarimah 1998. Proses Kognitif Dalam Pemahaman Bacaan, Buletin psikologi. Tahun VI nomor 2 Desember. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadja Mada

Arikunto, Suharsimi 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara

Aulia 2011. Mengajarkan Anak Membaca. Yogyakarta : Intan Media

Binti Maunah. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa (Jurnal Skripsi), Tahun V , Nomor 1, 2015. Dalam https://www.google.com diakses tanggal 31 januari 2020 Pukul 10:00

Dalman 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Darmiyati Zuchdi dan Budiash 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah. Jakarta : Dirjen Dikti

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Faturrahman,&Khoiru Ahmadi, Hendro Ari Setyono 2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Harris dan Sipay 1980 Pengajaran membaca di sekolah dasar (Jakarta: Bumi aksara

Helyantini Suetopo 2009 Pintar Memakai Alat Bantu Ajar. Esensi Erlangga Group

Indrawati Yunidar dan Darmawan (jurnal) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar, Kreatif Tadulako Vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614X Dalam http://www.Co.id. di akses tanggal 31 januari 2020 pukul 10:00

Jeann Chall 2011. Mengajarkan Anak Membaca. Yogyakarta: Intan Media

Kementrian Agama, Al- Quran dan Terjemahannya. Surabaya : Lentera Optima Pustaka, 2012

Kundharu Saddhono 2012. Meningkatkan keterampilan berbahsa indonesia. CV. Karya Putra Darwati : Bandung

Kurniasih Imas 2017. Pendidikan karakter. Jakarta : Kata Pena

Lickona, Thomas 2012. Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta : Bumi Aksara

Masnur Muchlis 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta; Bumi Aksara.

Muchlas Samani & Hariyanto 2011. Konsep dan model pendidikan karakter.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurbiana, Dhieni 2011. Membaca Permulaan. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, M. Ngalim dkk 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Taman Kanak-Kanak Dasar. Jakarta : PT. Rosda Jayapura

Rahim, Farida 2010. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rahmah Novianti (Jurnal) Pengaruh Permainan Kartu Bergambar dan Kcerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Volume 7 Edisi 2, November 2013 Dalam https://www.google.com Diakses 02 Februari 2020 Pukul 21:00

Slameto 2011. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suprihatiningrum Jamil 2017. Streategi Pembelajaran. Jogjakarta :Ar – Ruzz Media

Tarigan, Henry Guntur 2011. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan 2011 Pendidikan dan Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. Bandung: Angkasa

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Ayat 1


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 supriadi supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya