Signifikansi Hasil Belajar Materi Konsep Gaya menggunakan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) di Sekolah Dasar

muslimin muslimin(1*), Muspratiwi Pertiwi MR(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v6i3.38829

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah di tetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang konsep gaya kelas IV SDN 1 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang.

Keywords


Hasil Belajar; Children Learning in Science (CLIS); Konsep Gaya; (5).

Full Text:

PDF

References


Alfianika, Ninit .2016. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Ardiana, Nana, Asep Kurnia Jayadinata & Diah Gusrayani. 2017. Penerapan Pembelajaran CLIS Pada Materi Sifat-sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 2 (1) : 320.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Halik, Abdul, Sayidiman, dan Muhammad Asrul Sultan. Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Kampus V UNM PGSD Parepare pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.V7 (1) : 25.

Hardiansyah, Imam Wahyu. 2021. Penerapan gaya gesek pada kehidupan manusia. Jurnal Pendidikan IPA. Vol.10 (1) : 70

Ismail, Ali. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep

Fisika Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah. Vol.1 (2) : 19.

Kurniasih, Trisna, I Nyoman Jampel dan Putu Nanci Riastini. 2016. Penerapan Model CLIS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4(1).

Muslimin & Amran, Muhammad. 2020. Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 4(2) : 130.

Saputra, Nanda, Luvy Sylviana Zanthy, Ega Gradini, Jahring, Ali Rif'an an Ardian. 2021. Penelitian Tindak Kelas. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Siallagan, Herta. 2015. Upaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran CLIS pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 8 (2) : 283

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 muslimin muslimin, Muspratiwi Pertiwi MR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya