Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare

Nur Ilmi(1*), Yonathan Saba Pasinggi(2), Muhammad Amran(3), Indri Nur Ilmi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i1.38722

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika tentang pengukuran sudut siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika tentang pengukuran sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian siklus I pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 66,6% berada pada kualifikasi cukup (C), dari aspek siswa yaitu 68% berada pada kualifikasi (C) dan hasil tes belajar yaitu 62.5%. Sedangkan hasil penelitian siklus II pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 80% berada pada kualifikasi baik (B), dari aspek siswa yaitu 78.8% berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar yaitu 79.17%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SD Negeri 56 Parepare.

Full Text:

PDF

References


Anika, E., Hidayat, A., & Ediputra, K. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.

Arrumaisha, Z., Nurmiyati, Muzzazinah, & Untari, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1. Proceeding Biology Education COnference, 15(1), 146–152.

Basri, P. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meninkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDNegeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–14.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154.

Israwaty, I., Hasan, K., & Lestary, P. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Gaya dan Gerak pada Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri 46 Parepapare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 571–576.

Manab, A. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif (K. Aibak (ed.); 1 ed.). KALIMEDIA. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10156/1/Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif.pdf

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizamia Learning Center (1 ed.).

Pasinggi, Y. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Di Kelas III SDN 44 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(2), 111–118.

Rahmawati, R. (2018). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76.

Rukmi, J., Sulton, S., & Husna, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Sistem Koordinasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 456–465.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Yulia, Hasna, & Hidayat, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Manusia dan Lingkungan Di Kelas V UPTD SD Negeri 55. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 577–583.


Article Metrics

Abstract view : 251 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ilmi, Yonathan Saba Pasinggi, Muhammad Amran, Indri Nur Ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya