HUBUNGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 361 LAMPULUNG

Muliadi Muliadi(1), Sudarto Sudarto(2), Muhammad Amran(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i1.34908

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Tingkat Kesegaran Jasmani dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 361 Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh tingkat kesegaran jasmani memiliki rata-rata 14,5 berada pada kategori sedang dan pada presstasi belajar IPA diperoleh rata-rata 79,1 dan persentase 79,1% berada pada kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung (3,1082) > nilai ttabel (1,685954) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas tinggi SD Negeri 361 Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo.


Keywords


Kesegaran Jasmani, Prestasi Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Achmat, F., & Wahyuni, E. S. 2013. Hubungan Kebugaran Jasmani terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2), 445–448. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/ view/3085/5849.

Aini, N. 2019. Penerapan Metode Decision Tree C4.5 dalam Memprediksi Siswa SDN Mriyunan untuk diterima di SMP Negeri. Skripsi. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Faisal, M. 2021. Hubungan Antara Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Inpres 3/77 Cumpiga. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Faisal, Razali, & Marlina, Y. 2015. Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun. Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(2), 79-90. http://www.jim. unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/873.

Kuswari, M., & Gifari, N. 2020. Periodisasi Gizi dan Latihan. Depok: Rajawali Press.

Lomu, L., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan. https:// jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2412

Muliadi. 2021. Pelatihan Senam Kesegaran Jasmani 1996 Sebagai Metode Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 25-30. https://ojs.unm.ac.id/IPTEK/article/view/25632/12860

Murdiyanto, A. 2015. Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Di Smp Muhammadiyah Ngadirojo. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Nisa, U. M. 2017. Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Material Mix. Jurnal Pendidikan Biologi, 14(1), 62–68. https://jurnal. uns.ac.id/prosbi/article/view/27684/19106

Nugroho, C., & Pramukantoro, J. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar Belakang Sekolah pada Mata Kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PTE UNESA Tahun Angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 97–104. https:// ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article /view/6614

Sadly, B. 2014. Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani antara Siswa SMP yang Berada di Perkotaan dan di Pedesaan. Jurnal Pendidikan Olaharaga, 1, 1–15. https://adoc.pub/ perbandingan-tingkat-kebugaran-jasmani-antara-siswa-smp-yang.html

Silitonga, F. A., & Verawati, I. 2019. Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa Putra Kelas XI SMA N 1 Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 3(1), 29–38. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ko

Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Subiantoro, A. W. (n.d.). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiartana, M. S., Nym Sudana, D., & Arini, N. W. 2013. Penerapan Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VB SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/ JJPGSD.V1I1.871

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABET.

Susanti, L. 2019. Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara.

Sutanto, E. 2013. Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 A. Yulia Sari Marlina, Muliadi Muliadi, Sudarto Sudarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya