Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 46 Buton Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton
(1) Universitas Muslim Buton
(2) Universitas Muslim Buton
(3) Universitas Muslim Buton
(4) Universitas Muslim Buton
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v6i2.31805
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Damuki, A., Hariadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tpe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tikngak I-B PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019.
Endang, Y., Hamdan, L., Atmaja, T., & Purwanti, E. (2019). Manajemen Pendidikan Keefektifan Model Kooperatif dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Pop Up Books Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 8 (2), 201–208.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8 (1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Liansari, V., & Sri, U.R. (2020).Strategi Pembelajaran. Sidoarjo: Umsida Press.
Megaawati, R., Priono, L.I., & Harwanto. (2021). Implementasi Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw. 9 (1), 19–25.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8 (2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Roro, S. H. P. R. (2021). Menigkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung . Jurnal Paedagogy, 8 (1), 50–56.
Samsudin. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural. 7 (1), 29–35. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.759
Setiawan, D. A., & Towaf, S. M. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. 2013, 1133–1141.
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. 14–17.
Shaufia, N., Ranti, M. G., Kooperatif, M., & Jigsaw, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. 76–85.
Siagian, G. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5 (3), 1683–1688.
Sumardi. (2021). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMA. 30 (1), 81–94.
Yani, A. (2022). Korelasi Kedisiplinan Guru dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Langgudu Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. 6 (1), 3581–3584.
Article Metrics
Abstract view : 177 times | PDF view : 44 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fajri Anti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: