Efektivitas Pendekatan Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 223 Sumpang Minangae Kabupaten Bone

Hajja Rosmini(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v6i1.24290

Abstract


The problem in this study is whether the application of the Quantum Learning approach can improve the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 223 Sumpang Minangae. While the purpose of this study was to determine the process of applying the Quantum Learning approach to improve social studies learning outcomes for fourth grade students of SD Negeri 223 Sumpang Minangae. This research is a descriptive study with the focus of the research being the fourth grade students of SD Negeri 223 Sumpang Minangae. The data collection was done by using test, observation, and interview techniques, while the data analysis technique used was the analysis of the data in this study before collecting the research data. Data analysis was carried out by comparing the results, interviews with indicators at the reflection stage of the research cycle. The data collected is set in a qualitative research. The results of the study can be said that through the application of the quantum learning method to improve student learning outcomes in social studies learning for fourth grade students of SD Negeri 223 Sumpang Minangae, the results of the study show that the value of social studies learning has increased from the implementation of the first cycle to the second cycle.

 

Keywords


Approach; Quantum Learning; Learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, Soli dan Sulaiman Samad. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Arifin Martunus 2006, Strategi dan Model belajar mengajar: Makassar. Badan Penerbit UNM

Asri, Syamsul. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Learning Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Makassar: S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Depdikbud. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (online). (http : // www. Unimed.Ac.Id Pegawaidoc/02.pdf diakses 5 Agustus 2009)

De Porter, Bobby dan Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Johoriah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas IV SD Negeri Kaccia Makassar. Skripsi. Makassar : S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kamdi, Waras. Mengelola proses belajar mengajar di kelas. (www.gorumguru.org diakses tanggal 9 Oktober 2009)

Khasanah. 2002. Pengaruh Kemampuan Berpikir Abstrak Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SLTPN 26 Makassar. Skripsi.Makassar : S1 Universitas Negeri Makassar.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Purwanto, Ngalim. 1987. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Remadja Karya.

Sahaba. 2008. Kontribusi Pemanfaatan Pensintesis Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Borongkaluku Kecamatan Bontomarannu . Skripsi. Makassar : S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sahtiani Jahrir, Andi. 2005. Penerapan Model Quantum Learning Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar : S1. Universitas Negeri Makassar

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Saryono, Djoko. 2007. Pembelajaran Quantum Sebagai Model Pembelajaran yang Menyenangkan. www.wordpress.com, diakses tanggal 9 Oktober 2009.

Septiawan Santana Kurnia, Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnalistik: (Studi pembelajaran jurnalistik yang berorientasi pada life skill); on line : Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan www.depdiknas.go.id. Diakses tanggal 9 Oktober 2009.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Usaha Nasional.

Syah, M.. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdya Karya

Umar, Alimin dan Nurbaya Kaco. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta : Gama Insani Pers.

Winkel W.S (1996 : 53). www. belajar dan pembelajaran. com, diakses tanggal 13 November 2009. pukul 14 wita


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hajja Rosmini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya