Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Covid-19

Ida Suryani(1*),

(1) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v6i1.23401

Abstract


Covid-19 is an obstacle for all groups and is also a health crisis for humans in the world. In the world of education, Covid-19 has had a tremendous impact. This implies that the task of a teacher is so heavy in order to prepare students to achieve the educational goals that have been outlined. The method used in this research is descriptive quantitative using SPSS version 20.0. The role of the teacher is now very important considering the learning process can no longer meet face to face. Teachers must really make every effort so that students can understand the material presented online. From the results of the research and the results of data analysis that has been carried out, it can be concluded that there is an effect of online learning on teacher performance


Keywords


Online Learning; Teacher Professionalism; Teacher Performance

Full Text:

PDF

References


Alam, Syamsir. (2020). Belajar Di Masa Pandemi. Tersedia pada:https://mediaindonesia.com/read/detail/298260-belajar-di-masa-pandemi.

Afidah. (2020). Peran Guru di Masa Covid-19 tersedia pada: https://www.kompasiana.com/dewiqraf/5e81872102c9f046bd5b0732/peran-guru-ditengah-pandemi-covid-19#

Dewi, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61.

Darlima. (2014). Pengaruh Profesionalisme Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 14 Palembang. Volume 2 Nomor 2 Edisi Agustus 2017 ISSN : 2540-816X.

Euis, dkk. (2020). Kompetensi profesional dan karakteristik guru pada masa pandemic. Jurnal Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam Vol 9, No.2 Oktober 2020 hlm, 314-266.

Hamalik, Oemar. (2014). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadisusanto, D. (2014). Capita Selekta Pendidikan dan Masalah-masalah Pokoknya. Penerbit IKIP: Yogyakarta.

Ichsan, Muhammad. (2014). Konsekuensi Logis Profesionalisme Administrasi Guru Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2014. Vol. XIV No. 2, 238-259.

Kusumadewi dkk. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. JRPD Volume 1, Nomor 1, Maret 2020.7-13.

Kurniasih, Imas. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kunandar. (2017). Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Mastura dan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol.3, No.2 Agustus 2020.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Serifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Pamungkas dan Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar Vol 6, No,3 September 2020.

Rusyan. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2016). Guru Powerfull, Kunci Sukses Menjadi Guru Effektif. Bandung: Kolbu.

Suwarni. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Uno, Hamzah., Muhamad, N. (2013). PAIKEM Belajar Dengan Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunitasari dan Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2020 Halm 232-243.


Article Metrics

Abstract view : 241 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ida Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya