Analisis Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Pemahaman Konsep Sains Siswa di Sekolah Dasar

noviani ulfa(1*), Ramdhan Witarsa(2), Wida Rianti(3),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i3.23324

Abstract


This study aims to describe the application of the predict observe explain learning model to students' understanding of science concepts in elementary schools. The research method used is descriptive research method with meta-analysis technique, with steps of data collection, data reduction, data display, discussion, and drawing conclusions. The results showed that of the 32 articles discussing the application of the predict observe explain learning model and the understanding of students' science concepts in elementary schools published in accredited journals in the last 10 years, only 4 articles were found that discussed both (the application of the predict observe explain learning model to understanding the concept science students in elementary school). The conclusion of this study is that the application of the predict observe explain learning model to students' understanding of science concepts in elementary schools is very rarely done. The steps of the predict observe explain learning model that are applied are different from one another. Likewise, the aspects of understanding the concepts studied differ from one another. Continuous assistance is needed for elementary school teachers to be able to implement the steps of the predict observe explain and explain learning model and aspects of understanding concepts that are in accordance with the original theory

Keywords


Analisis pembelajaran, pemahaman konsep, poe, sains.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, C., & Anggara, D., S. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA PADA PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 52–61.

Aen, R. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL BERUPA MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA. COLLASE Creative of Learning Students Elementary Education, 03(03), 99–103.

Aida, T., N., Anggoro, S., & Andriani, A. (2019). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 164–172.

Anggara, D., S., & Abdillah, C. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN WILAYAH KELURAHAN NALUMSARI, JEPARA. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 9–20.

Antasari, N. (2017). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(III), 1–13.

Asiah. (2019). Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Energi Bunyi Di Kelas Vi Sd Negeri 110 Pompanua Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(2), 108–118.

Astuti, M., R., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2017). Keefektifan Model Predict-Observe-Explain terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 235–244. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7876

Ayuningtias, E., I., Sutisnawati, A., & Amalia, A., R. (2019). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING REVIEW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS TINGGI. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 1–11.

Budaya. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 226–231.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.

Dewi, P., K., Abadi, I., B., G., S., & Suniasih, N., W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 379–387.

Fahrinnisak. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN PANGARANGAN III SUMENEP. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 10–25.

Firman, S., & Ineu, N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. Jurnal Antologi UP, 1(1), 12–23.

Fitrah, N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVATION EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA RAKYAT MURID KELAS V SD. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 709–716.

Gayatri, N., M., D., Agung, A., A., G., & Murda, N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V KECAMATAN BULELENG. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Hamdani, A., R. (2015). PENGARUH BLENDEDMODEL PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI DAUR AIR. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(1), 48–66.

Harjanto, A., & Tanod, M., J. (2018). MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 2(2), 1–8.

Harneli, M., Koto, I., & Winarni, E., W. (2019). PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E MELALUI PETA PIKIR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA 1. JP3D (JURNAL PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN PENDIDIKAN DASAR), 2(2), 8–14.

Hasan, K., Mukhlisa, N., & Lestari, A. (2020). Penerapan Model Somatic , Auditory , Visualization , Dan Intelectually (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. Ji, 4(2), 165–169.

Jannah, N., L. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 132–150.

Jauhar, S., T., Kadir, A., & Wahyuni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 34–39.

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149.

Kusumaningsih, L., A., Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2020). PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Progres Pendidikan, 1(3), 185–192.

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.

Muliatin, Ruslin, & Rahman, A. (2019). PERBANDINGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD. Jurnal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 60–70.

Muslimin, & Amran, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 130–134.

Nahdi, D., S., Yonanda, D., A., & Agustin, N., F. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Ningsih, D., S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas Vb SDN 61 / X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 22–40.

Nuraeni, I., Djumhana, N., & Saputri, A., E. (2020). PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 5(III), 41–52.

Patta, R., & Novianti, R., D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Ta’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 40–49.

Rahman, S., A., Nurdin, M., & Lestari, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN 200 Lompu Kecamatan Cina Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 23–27.

Sunar. (2017). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BAGIAN TUMBUHAN YANG SERING DIMANFAATKAN MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY. Jurnal Widyagogik, 5(1), 31–44.

Suryani, E. (2018). PROFIL KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 13–18.

Suryani, E., Rusilowati, A., & Wardono. (2016). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN TWO-TIER TEST MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF. Journal of Primary Education, 5(1), 56–65.

Tjahjono, H., K. (2018). Studi Literatur Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Pada Konsekuensinya Dengan Teknik Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 35(1), 21–40.

Toharudin, U. (2016). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN BAHAN AJAR BERNUANSA LITERASI SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio, 1(4), 23–32.

Udayani, K., M., Kusmariyatni, N., N., & Mahadewi, L., P., P. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Utama, E., G., Lasmawan, I., W., & Suma, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD KELAS V DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(2), 43–52.

Widiawati, N., P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I., G. (2015). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II KECAMATAN BANJAR. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.

Wiguna, I., M., D., Sumantri, M., & Parmiti, D., P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN (POE) BERMUATAN KONSEP TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.

Wulangdari, M., & Muin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Meingkatkan Hasil Belajar Matemtika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 28–33.


Article Metrics

Abstract view : 713 times | PDF view : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 noviani ulfa, Ramdhan Witarsa, Wida Rianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya